BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

STUDY ABROAD EXPO 2022

  Study Abroad Expo 2022 is here!!! Dihadiri berbagai universitas dari 11 negara mulai dari Australia, Canada, China, Ireland, Malaysia, New Zealand, Singapore, Swiss, Taiwan, USA dan UK. Melalui event […]

Find out more »

TIPS JITU MENGHADAPI IELTS SPEAKING TEST

Untuk kamu yang ingin kuliah ke luar negeri, tentunya harus melewati fase Speaking IELTS Test agar dapat lolos. Tapi sayangnya, banyak banget student yang gagal melewati ini karena jarang berlatih. […]

Find out more »

Tips & Trick Jumpstart Your Art Portfolio

Salah satu syarat masuk ke program Art & Design di Top University dunia, adalah dengan melampirkan Art Portfolio yang luar biasa dan lain daripada yang lain. Kamu mungkin akan merasa […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Tinggal Sendirian di Luar Negeri

Posted on 2 Agustus 2022

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Tinggal Sendirian di Luar Negeri

Saat kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu juga harus bersiap-siap untuk menjadi sosok yang lebih mandiri. Tinggal sendirian di luar negeri, memang tidak semudah yang terlihat. Kamu mungkin akan mengalami homesick dan merasa kesepian, tapi kamu akan mengatasinya dengan mudah. 

Kamu akan menyadari bahwa kamulah yang bertanggung jawab atas dirimu sendiri dalam kondisi apapun. Bukan orangtua, bukan saudara, atau teman-temanmu. Secara bertahap, kamu akan beradaptasi dengan keadaan itu, dan mulai membangun identitasmu sendiri di tengah masyarakat.

Untuk membantumu bersiap-siap, ini dia hal yang harus kamu perhatikan saat tinggal sendirian di luar negeri.

 

 

BACA JUGA: Tips Lulus Interview Kuliah ke Luar Negeri

 

 

1. Be Prepared

Kamu harus mempersiapkan dirimu untuk hidup sendiri dan tidak lagi mengandalkan orang lain untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Kamu bisa memanfaatkan Google atau mesin pencari yang tersedia di negara untuk mendapatkan informasi genting seperti:

  • Bagaimana cara mencuci menggunakan mesin?
  • Bagaimana cara membersihkan lemari es?
  • Bagaimana cara membayar rekening listrik dan air?

Bookmark halaman penting yang sekiranya kamu butuhkan. Hal ini penting untuk berjaga-jaga agar kamu tidak perlu menelpon ke rumah setiap 2 jam sekali sambil menangis, karena kebingungan.

 

2. Be Proactive

Kemungkinan besar, kamu tidak akan tinggal sendirian di apartemen. Karena itu, kamu harus aktif dalam mengenali tempat tinggalmu sendiri. Pahami cara menggunakan fasilitas, jadwal penggunaan, serta memahami batasan dengan penghuni lainnya. Jangan sembarangan menggunakan fasilitas yang belum tentu tersedia untuk umum. Ingat untuk selalu bertanya, apabila kamu merasa tidak yakin.

 

3. Be Considerate

Kamu tidak lagi bisa menyuruh adikmu untuk mencuci piring atau meminta kakakmu untuk memasak. Aturannya sederhana, bersihkan tempat setelah makan, merapikan barang setelah menggunakan, kembalikan barang setelah meminjam dengan kondisi yang sama baiknya.

 

4. Be Smart

Menuliskan daftar belanja akan sangat penting untuk mengatur keuangan dan kebutuhan. Ini berguna agar kamu tidak kalap dan berbelanja secara berlebihan. Menjaga dompet dan uangmu tetap ada hingga akhir bulan, tentunya lebih penting.

 

 

BACA JUGA: Tips Cara Belajar Cerdas Untuk Mahasiswa

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di luar negeri? Serahkan saja semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office            :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office            :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office      :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: