BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Tips Cara Belajar Cerdas Untuk Mahasiswa

Posted on 22 Juli 2022

Tips Cara Belajar Cerdas Untuk Mahasiswa

Kuliah adalah masa paling menyenang sekaligus momen yang sangat berdampak pada kehidupan student setelahnya. Kuliah bisa menjadi saat dimana kamu belajar hidup mandiri di negara asing. Ini juga bisa menjadi masa dimana kamu bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang dan perspektif kehidupan yang berbeda. Dan kuliah, juga merupakan momen dimana kamu menemukan jati diri dan minat pribadi maupun profesional.

Terdengar sangat menakjubkan, iya kan?

Tapi di saat yang sama, beradaptasi pada kehidupan kuliah juga bisa sangat melelahkan hingga membuatmu kewalahan. Bila semasa sekolah, kamu tidak perlu belajar mati-matian atau mencari ilmu sendirian, maka kuliah kuliah menuntutmu untuk belajar dan mencari ilmu sendiri.

Setiap mahasiswa tentunya memiliki teknik belajar yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Tidak ada cara ajaib yang dapat memberikanmu GPA 4.0 secara cuma-cuma. Kuncinya adalah mencoba beberapa metode hingga kamu menemukan cara belajar yang cocok untukmu.

 

 

BACA JUGA: Tips Lulus Interview Kuliah ke Luar Negeri

 

 

Jadi, apa saja tips belajar cerdas untuk mahasiswa? Cek di bawah ini ya!

 

1. Ganti Suasana

Belajar di ruangan yang tertutup yang sama secara terus-menerus bisa membuatmu bosan setengah mati. Kamu pasti akan merasa tergoda untuk main games atau nonton Netflix. Ini saatnya kamu keluar kamar, bawa laptop dan bukumu lalu cari tempat yang tenang. Ganti suasana tertutup di kamarmu menjadi lebih terbuka namun tidak berisik.

 

2. Jadikan Rutinitas

Tips cara belajar cerdas untuk mahasiswa yang paling ampuh adalah dengan menjadikan kegiatan belajar sebagai rutinitas. Jadwalkan kapan kamu harus bangun, jam berapa kamu harus makan, dan waktu yang tepat untuk kamu belajar. Stick to the schedule, dengan melakukan hal ini sebagai rutinitas maka kamu akan mencapai tujuan yang kamu inginkan.

 

3. Belajar Bersama

Pilih teman yang memang benar ingin belajar instead of hang out. Jika kamu belajar bersama teman yang tujuannya hanya untuk mengobrol dan bersenang-senang, kamu dijamin tidak akan belajar. Tapi belajar dengan teman yang memiliki tujuan sama, ini akan memaksamu untuk belajar. Kalian bisa saling membantu dengan memberikan pertanyaan, atau menjelaskan apabila ada materi yang kurang paham.

 

4. Review Materi Sebelum Kelas

Mendengar atau membaca informasi yang sama berulang kali akan membantumu mengingat lebih baik. Catat poin-poin penting selama kuliah dan luangkan waktu untuk membacanya. Kamu dapat mereview materi sebelum kelas, untuk mengingat kembali apa yang sudah kamu pelajari.

 

5. Istirahat

Istirahat di sela-sela belajar dapat meningkatkan kualitas belajarmu. Jadi pastikan untuk menjadwalkan istirahat sebagai hadiah setelah menjalani sesi belajar yang produktif. Ingat ya, yang produktif. Bukan belajar 5 menit, istirahat scroll media sosialnya 2 jam.

University College London menjelaskan bahwa istirahat dapat meningkatkan daya ingat, mengurangi stres dan memberikan dorongan energi. Kamu dapat mencari udara segar atau melakukan aktivitas fisik agar memberikan lebih banyak manfaat.

 

Sahabat ER yang merasa kewalahan, bisa mencoba 5 tips cara belajar cerdas untuk mahasiswa yang sudah kami rangkum di atas ya.

 

 

BACA JUGA: Student Life Tips, Make the Most of Your Student Life in the US

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di luar negeri? Serahkan saja semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office            :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office            :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office      :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: