BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

10 FAKTA KEREN TENTANG KULIAH DI KOREA SELATAN

Posted on 16 Juni 2022

Compressjpeg.online 100Kb 35835 - Education Republic

Ahh, Korea Selatan. Negara metropolitan yang kemilau ini tengah menjadi perbincangan hangat bagi muda-mudi Indonesia bahkan seluruh dunia. Kuliah di Korea Selatan adalah impian nyaris semua orang yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. 

Siapa yang tidak ingin?

Gelombang Korea merambah nyaris ke seluruh lapisan masyarakat, mempengaruhi tidak hanya selera, namun juga kebudayaan. Tren fashion, skincare, makanan dan minuman, selera tontonan bahkan musik Korea yang kini dikenal sebagai K-Pop.

Sajian-sajian musik dan drama yang disebar luaskan ini, telah menjadi representasi kehidupan di Korea. Mempengaruhi banyak orang untuk mencicipi pendidikan di negara ginseng ini. 

Namun ternyata, Korea tidak hanya berani unjuk taring dengan kemilau dunia entertainmentnya melainkan juga sistem edukasinya yang luar biasa. Karena fakta menunjukkan, Korea adalah salah satu jempolan sebagai negara cendikiawan dengan sistem pendidikan cemerlang yang layak menjadi tujuan kuliah.

Simak fakta keren mengenai sistem pendidikan untuk kamu yang ingin kuliah di Korea.

 

BACA JUGA:  KULIAH DI KOREA SELATAN, WOOSONG UNIVERSITY

 

 

1. WORLD UNIVERSITY RANKING 

QS World University Ranking 2023 telah merilis data kampus terbaik di seluruh dunia. Korea Selatan berhasil menunjukkan kehebatan akademiknya dengan 41 kampus yang berhasil masuk ke daftar.

Berikut merupakan enam kampus yang berhasil masuk TOP 100 QS World University Ranking 2023:

  • Seoul National University peringkat 29
  • KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology peringkat 42
  • Pohang University of Science and Technology (POSTECH) peringkat 71
  • Yonsei University peringkat 73
  • Korea University peringkat 74
  • Sungkyunkwan University (SKKU) peringkat 99

 

2. KEMAJUAN TEKNOLOGI YANG PESAT

Negara ginseng ini terkenal dengan produksi teknologi seperti ponsel pintar, mobil, mesin, hingga kapal. Berkat kemajuan dan inovasi teknologi yang kian cepat, Korea Selatan merangkak naik meninggalkan kemiskinan menjadi negara makmur.

 

3. SISTEM PENDIDIKAN YANG TERBAGI

Institusi pendidikan tinggi di Korea terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Junior Colleges (2-3 tahun)
  • Universities (4-6 tahun)
  • Graduate Schools

Bersama dengan perkembangan IT, universitas cyber berbasis e-learning juga mengalami pertumbuhan pesat. Selain itu, universitas di Korea juga di bagi menjadi universitas nasional yang dinaungi oleh pemerintah pusat, universitas publik yang dinaungi oleh pemerintah lokal dan universitas swasta yang dinaungi oleh fondasi pendidikan non-profit.

Meski begitu, Menteri Pendidikan di Korea telah menetapkan aturan untuk memastikan pendidikan berkualitas yang merata dengan mewajibkan akreditasi pada setiap kampus.

 

4. BANYAKNYA INTERNATIONAL STUDENTS

Korea Selatan sangat menyambut student internasional dari seluruh dunia. Per April 2016, terdapat sekitar 104.000 student internasional di Korea, yang mana 63.000 diantaranya berada di program sarjana. Keberadaan murid asing ini sangat membantu kampus untuk menaikkan reputasinya. Semakin banyak student internasional, maka semakin tinggi akreditasinya.

 

5. BEASISWA UNTUK PENDATANG

Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan kepada student internasional. Berbagai jenis beasiswa disediakan oleh pemerintahan Korea dan kampus itu sendiri. Peringkat akreditasi kampus sejalan dengan jumlah student internasional, sehingga apabila kamu bisa berbahasa Korea dan Inggris, sangat banyak kampus yang siap memberikan beasiswa dalam jumlah besar.

 

6. SISTEM BELAJAR TERBAIK

Kampus di Korea Selatan menerapkan pendidikan yang mengutamakan praktikum. Melalui kegiatan ini, student dapat meningkatkan kreatifitas dan menjadi lebih inovatif. Selain itu, kampus biasanya menyediakan berbagai sarana dan prasarana canggih yang akan mendukung proses pembelajaran.

 

7. PART-TIME JOB MENJAMUR

Untuk student pendatang yang membutuhkan uang saku tambahan, kamu memiliki peluang mencari pekerjaan part-time. Kamu dapat bekerja hingga 20 jam seminggu dan tidak terbatas saat liburan.

Jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan masalah finansial, karena negara ini menyediakan banyak peluang pekerjaan bagi pelajar.

 

 

BACA JUGA: 5 PART TIME JOB UNTUK MAHASISWA YANG BISA KAMU COBA

 

 

7. AKSES INTERNET CEPAT

Kalau di rumahmu masih menggunakan 10 mbps, maka di Korea Selatan sudah mencapai 10 Gbps. Bahkan sejak beberapa tahun lalu, negara ini sudah menggunakan teknologi 5G lho!

 

8. AFFORDABLE ADVENTURE

Kalau kamu sering menonton drama Korea, kamu pasti sering menyaksikan latar tempat yang indah dan memanjakan mata. Bila belajar di kampus mulai terasa menjemukan, kamu bisa menikmati tempat wisata yang terjangkau di Korea seperti wisata alam, wisata sejarah, hingga menyaksikan bunga sakura yang bermekaran.

 

9. MAKANAN PENGGUGAH SELERA

Menjamurnya restoran dan Korean Food di Indonesia, belum sebanding dengan makanan Korea yang sesungguhnya. Kamu tidak akan kehabisan pilihan makanan yang nikmat dan tentunya sehat.

 

10. GELAR INTERNASIONAL

Korea Selatan diakui secara global sebagai negara dengan kampus-kampus unggulan. Negara ini juga berhasil masuk daftar sebagai negara OECD untuk prestasi akademik dan daya saing. Sehingga lulusan dari negara ini, telah diakui secara internasional.

 

Jadi, itu adalah 10 fakta menarik untuk kamu yang ingin kuliah di Korea. Apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di Korea Selatan? Ayo hubungi Education Republic untuk konsultasi dan bantuan untuk proses pendaftaran dengan GRATIS!

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER         : t.me/edurepublic

Virtual Office        : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office         : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office              : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office         : +6261 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office  : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: