BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

COMPARE USA VS CANADIAN UNIVERSITIES

Posted on 12 Maret 2022

 

COMPARE USA VS CANADIAN UNIVERSITIES

Sebelum kamu membandingkan pendidikan di Kanada dengan USA untuk mahasiswa internasional, kamu harus memahami perbedaan antara college dan universitas di setiap negara. Baik USA dan Kanada memiliki college dan universitas, tetapi istilah tersebut memiliki arti yang berbeda.

Di Kanada, ada perbedaan besar antara keduanya: universitas memberikan gelar, sedangkan college memberikan sertifikat dan diploma. Di Kanada, sebuah college mirip dengan lembaga yang disebut ” community college” di Amerika Serikat. Jika kamu ingin mendapatkan gelar sarjana, magister, atau doktoral di Kanada, kamu harus kuliah di universitas, bukan college.

Sedangkan di USA, setiap lembaga pemberi gelar dikenal sebagai college. Secara umum, universitas adalah institusi besar yang menawarkan lebih banyak pilihan. Namun, kata college dan university digunakan secara bergantian di USA. Mahasiswa Amerika selalu menyebut “kuliah di college” padahal yang mereka maksud adalah kuliah di universitas.

Gelar yang mahasiswa peroleh di setiap negara juga berbeda. Di USA, sebagian besar program gelar sarjana dirancang kurang lebih empat tahun. Gelar sarjana di Kanada terkadang merupakan program tiga tahun. Di Kanada, program empat tahun bisa disebut “honours bachelor’s degree.” Gelar honours bachelor’s degree mirip dengan gelar sarjana USA — namun, kamu harus menyadari bahwa seorang mahasiswa dengan gelar sarjana tiga tahun dari perguruan tinggi Kanada mungkin tidak memenuhi persyaratan sekolah pascasarjana di USA.

 

BACA JUGA: WHICH IS BETTER FOR EDUCATION, USA OR AUSTRALIA?

 

CANADIAN VS AMERICAN EDUCATION SYSTEMS

Universitas di USA dan Kanada memiliki struktur serupa. Kedua negara memiliki universitas negeri dan swasta. Mayoritas universitas di Kanada adalah negeri dan diatur oleh pemerintah provinsi, mereka cenderung sangat besar. Universitas peringkat teratas di Kanada, University of Toronto di Ontario, memiliki 84.300 mahasiswa pada tahun ajaran musim gugur 2019.

Universitas swasta (yang beroperasi terutama tanpa dana pemerintah) jauh lebih jarang di Kanada. Sementara universitas Kanada terkenal dengan keterjangkauannya, mahasiswa internasional membayar biaya kuliah yang jauh lebih tinggi daripada yang dibayarkan warga negara Kanada.

Universitas negeri di Amerika Serikat hampir selalu didanai oleh pemerintah negara bagian, dengan bantuan dari dana federal. Universitas negeri di USA juga sangat besar: University of Central Florida memiliki total pendaftaran 66.183 mahasiswa. Namun, perguruan tinggi negeri yang lebih kecil seperti  Louisiana State University rata-rata sekitar 31.000 mahasiswa. Universitas swasta di USA biasanya mendapatkan dukungan keuangan dari sumbangan, yayasan, dan hibah penelitian. Selain itu, beberapa universitas dan perguruan tinggi swasta di USA berafiliasi dengan gereja atau kelompok agama lain.

 

WHICH ONE IS BETTER, USA OR CANADA?

Secara keseluruhan, ada lebih sedikit universitas untuk dipilih di Kanada daripada di USA. Kanada hanya memiliki 94 universitas dibandingkan dengan lebih dari 4,000 perguruan tinggi yang menawarkan gelar associate, sarjana, master, doktor, dan teknik di USA. Sementara USA menawarkan lebih banyak opsi, keputusan akhir bergantung pada nilai dan tujuan masing-masing mahasiswa. Apakah kamu menginginkan pengalaman budaya yang terhubung dengan komunitas, atau lebih suka fokus pada kelas di universitas dan menjelajah sendiri?

Mahasiswa yang mencari koneksi dan “pengalaman kuliah” penuh mungkin lebih nyaman di perguruan tinggi USAm. Untuk mahasiswa yang lebih suka eksplorasi independen, universitas di Kanada mungkin merupakan pilihan yang baik. Jika peringkat penting bagi kamu, perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat patut dipertimbangkan. Di antara 20 universitas global terbaik, 15 berada di Amerika Serikat. Universitas peringkat teratas Kanada adalah nomor 18 dalam daftar itu. Kanada tidak memiliki universitas yang setara dengan Ivy League, atau universitas paling bergengsi di USA.

 

BACA JUGA: BENEFITS OF STUDYING IN USA

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: