BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Bisakah Mendaftar Kuliah ke Luar Negeri Sebagai Student Home School?

Posted on 13 Desember 2022

Bisakah Mendaftar Kuliah ke Luar Negeri Sebagai Student Home School?

Seperti yang kita ketahui, bahwa homeschooling merupakan pendidikan keluarga, dimana student akan belajar di rumahnya sendiri tanpa kurikulum rumit seperti sekolah pada umumnya. Meski begitu, homeschooling ternyata memiliki peraturan sendiri oleh pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 27 yang berbunyi:

  1. Kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar mandiri.
  2. Hasil pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diakui sama dengan pendidikan formal dan non-formal setelah peserta didik lulus ujian sesuai standar nasional pendidikan.
  3. Ketentuan mengenai pengakuan hasil pendidikan informal sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.

Homeschooling sendiri masuk ke dalam jalur pendidikan informal yang diakui oleh pemerintah. Artinya, homeschooling telah mendapat pengakuan dan setara dengan pendidikan formal maupun nonformal setelah lulus ujian sesuai standar nasional pendidikan.

Pertanyaannya, Bisakah Mendaftar Kuliah ke Luar Negeri Sebagai Student Home School?

 

 

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi

 

 

Bisakah Student Homeschool Kuliah ke Luar Negeri?

Jika sudah lulus, student akan mendapatkan ijazah atau legalitas yang bisa mereka gunakan untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi seperti universitas. Student bahkan berhak memilih kampus swasta atau negeri, kampus domestik atau luar negeri.

Agar dapat melanjutkan ke kampus atau perguruan tinggi luar negeri, student membutuhkan:

  • Ijazah paket C
  • IELTS 5.5 – 6.0

Selain itu, student tetap harus melewati serangkaian tes yang sesuai aturan kampus untuk bersaing dengan calon student lainnya.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan sebelumnya, jawabannya adalah BISA.

Namun ada tahapan-tahapan yang harus student lalui untuk mendapatkan ijazah paket C dalam standar internasional. Student tidak dapat mengikuti seleksi biasa seperti student pendidikan formal lainnya.

 

 

BACA JUGA: Kenapa Belajar di Program Foundation?

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Medan office            : 0821 5505 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: