BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Alami Akademik Burnout Saat Kuliah, Ini Penyebab & Cara Atasi

Posted on 23 Juli 2022

Burnout - Education Republic

Alami Akademik Burnout Saat Kuliah, Ini Penyebab & Cara Atasi

Burnout karena kuliah dapat terjadi ketika kamu berusaha menyeimbangkan kinerja akademik, ekstrakulikuler dan kehidupan sosial agar tetap menarik. Hingga pada akhirnya kamu akan merasa kurang motivasi, lebih lelah bahkan mudah tersinggung, kurang inspirasi dan kreatif dalam mengerjakan tugas kuliah. 

 

 

BACA JUGA: Tips Cara Belajar Cerdas Untuk Mahasiswa

 

 

Apa sih Akademik Burnout Itu?

Penjelasan - Education Republic

Akademik burnout atau kelelahan secara akademik merupakan reaksi emosional, fisik dan mental negatif terhadap studi yang berlangsung secara terus menerus. Akibatnya, kamu akan mengalami kelelahan, frustasi, dan juga kurang motivasi yang berdampak pada penurunan kinerja kemampuan otak di kampus.

 

Penyebab Akademik Burnout

Penyebab - Education Republic

  • Pressure & Expectations: Kamu mungkin merasakan tekanan besar untuk memberikan yang terbaik saat kuliah di luar negeri, terutama karena harapan keluarga yang begitu besar.
  • Isolation: Mencari teman terkadang bisa menjadi sesuatu yang sulit, terutama untuk kamu yang introver. Kamu mungkin akan merasa sendirian tidak memiliki siapa-siapa saat kuliah di negara asing.
  • Fitting In: Sebagai warga Indonesia yang kuliah di luar negeri, kamu mungkin akan merasa kesulitan menyesuaikan diri. Dan hal itu terkadang sangat mengganggu.

 

Cara Mengatasi Akademik Burnout

Cara Mengatasi - Education Republic

Setelah mengetahui penyebab akademik burnout saat kuliah, ini adalah cara ampuh untuk atasi permasalahan yang kamu hadapi:

  • Olahraga: Ubah rutinitas kehidupanmu, dan cobalah berolahraga. Data menunjukkan, student yang rajin berolahraga akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Kamu dapat menggunakan fasilitas olahraga di kampusmu.
  • Mental Health Support: Kampus di luar negeri, biasanya menyediakan Health Center dengan fasilitas konseling. Kamu dapat mengunjungi fasilitas ini dan menceritakan permasalahan yang kamu hadapi kepada profesional.
  • Reasonable Goals: Ciptakan tujuan yang rasional dan dapat kamu capai. Jangan kejar goals yang berada diluar jangkauanmu.
  • Enjoyable Activities: Siapkan waktu di akhir pekan untuk bersenang-senang, agar kamu tidak jenuh.
  • Healthy Lifestyle: Makan, minum, bersih-bersih dan beristirahat dengan teratur akan memberikan tubuh serta pikiranmu waktu untuk bekerja lebih optimal.

 

 

BACA JUGA: Work and Life Balance cuma Mitos? Ini Dia Tips Ampuhnya!

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah ke luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! 

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER           :  t.me/edurepublic

Batam Office           :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office           :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: