BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

9 TIPS MENGAJUKAN STUDENT VISA

Posted on 21 Maret 2022

 

TIPS MENGAJUKAN STUDENT VISA

Sebelum berangkat untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, Sahabat ER harus memenuhi salah satu syarat yaitu memiliki visa pelajar. Visa pelajar adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah sebuah negara kepada pelajar yang terdaftar di lembaga pendidikan dan memenuhi syarat untuk masuk ke negara tersebut.

Visa pelajar hanya dapat digunakan pelajar untuk kepentingan studi di negara yang dituju. Kegiatan apapun di luar studi, seperti bekerja, memulai bisnis, dan lain sebagainya, tidak diperbolehkan. Jangka waktu berlakunya visa pelajar juga bervariasi, tergantung dengan kebijakan setiap negara. Apabila masa studi melebihi jangka waktu visa maka dokumen tersebut wajib untuk diperbarui. Berikut beberapa tips untuk mengajukan visa pelajar:

 

BACA JUGA: PASPOR VS VISA

 

Cek jenis visa negara tujuan – Setiap negara memiliki persyaratan dan jenis visa pelajar yang berbeda-beda. Maka kamu harus mencari informasi di situs kedutaan besar atau konsulat negara tujuan untuk tahu persis jenis visa pelajar apa yang harus kamu ajukan.

Pilih sertifikat tes bahasa yang sesuai – Terdapat beragam jenis tes bahasa yang dapat diikuti, seperti IELTS maupun TOEFL. Kedua tes ini dikenal sebagai tes bahasa Inggris yang diakui oleh sebagaian besar universitas maupun institusi lainnya.

Pastikan ada 4-6 halaman kosong di paspor – Umumnya visa pelajar ditempelkan di 1 halaman saja, tapi banyak negara mengharuskan minimal ada 2 lembar kosong yang berhadap-hadapan di paspor untuk proses pengajuan visa. Jika tidak ada, maka kamu akan diminta untuk memperbarui paspormu. Dan pastikan masa berlaku paspor minimal 6-18 bulan sesuai persyaratan kedutaan negara tujuan.

Cek syarat foto dan dokumen – Pastikan semua kelengkapan dokumen dan persyaratan foto seperti jumlah, ukuran, dan warna latar belakang sudah benar dan lengkap. Jika tidak, maka permohonan visa dapat ditolak dan kamu harus mengulangi lagi dari awal.

Cek biaya pengajuan visa – Cari tahu informasi biaya terkini dan metode pembayaran yang diterima di situs kedutaan besar atau konsulat negara tujuan. Saat kamu datang mengajukan visa pelajar, jangan lupa membawa bukti pembayaran.

Persiapkan pengajuan visa sedini mungkin – Jadwalkan pengajuan visa secepat mungkin di kedutaan besar atau konsulat negara tujuan. Karena visa pelajar bisa memakan waktu proses berminggu-minggu. Jika mengajukan dalam waktu yang terlalu dekat dengan tanggal keberangkatan, ada kemungkinan visa belum selesai diproses pada hari H.

Terjemahkan dokumen – Semua dokumen yang menjadi bagian dari persyaratan visa harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah. Kamu dapat menghubungi penerjemah tersumpah yang terdaftar di kedutaan besar atau bisa juga melalui situs Himpunan Penerjemah Indonesia.

Fotokopi semua dokumen – Beberapa kedutaan besar akan meminta dokumen asli dan fotokopinya untuk persyaratan visa. Selain memastikan hasil fotokopi jelas, kamu juga harus memeriksa apakah fotokopi tersebut perlu dilegalisir oleh instansi tertentu.

Persiapkan wawancara dengan matang – Beberapa negara mewajibkan sesi wawancara sebagai bagian dari pengajuan visa pelajar. Jadi kamu harus mengetahui semua informasi lengkap mengenai jurusan kuliah, universitas, dan akomodasi di negara tujuan. Jangan lupa untuk siapkan alasan dan motivasi kenapa kamu memilih untuk melanjutkan pendidikan di universitas tersebut.

 

BACA JUGA: 6 DOKUMEN WAJIB UNTUK KULIAH DI LUAR NEGERI

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: