BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

A Swiss Excellence with #1 Culinary School

A Swiss Excellence with #1 Culinary School Swiss itu nggak cuma soal pegunungan indah dan keju yang enak. Swiss juga punya sekolah kuliner peringkat Top 10 yang seru dan berkualitas […]

Find out more »

Study in Malaysia with Asia Pacific University

Study in Malaysia with Asia Pacific University   APU, kampus Top 50 Asia Tenggara yang super keren, seru dan dinamis. Di kampus ini kamu bisa eksplorasi minat dan passion, bahkan […]

Find out more »

Crafting Your Academic Path in Japan: KUAS Application Day!

Crafting Your Academic Path in Japan: KUAS Application Day!   KUAS, kampus teknik multidisiplin berbahasa Inggris pertama di Jepang! Dengan 97% employment rate, KUAS jadi kampus yang konsisten berhasil cetak […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

3 Fakta Mengejutkan Kuliah di Korea Selatan

Posted on 1 Februari 2024

3 Fakta Mengejutkan Kuliah di Korea Selatan

 

Terkenal akan skincare berkualitas tinggi, drama Korea yang menggugah emosi dan air mata, lagu-lagu yang sering trending dan menciptakan gelombang musik baru, hingga makanan yang kini jadi favorit banyak orang. Korea adalah negara yang penuh kejutan. 

Ada banyak ciri khas negara Korea yang dianggap unik dan berbeda dari Indonesia terutama dalam bidang perkuliahan. Misalnya, Korea terkenal akan kredensial akademis Korea yang menciptakan lingkungan belajar dan sangat kompetitif.

Di artikel ini, minER akan memberikan 3 Fakta Mengejutkan Kuliah di negara Korea Selatan. Simak baik-baik ya!

 

 

BACA JUGA: Top 10 Makanan Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba

 

 

1. Perang Sengit Memperebutkan Kelas

Kampus di Korea memiliki regulasi registrasi kelas yang sangat kompetitif, dan terjadi 2x selama liburan musim panas dan musim dingin. Registrasi kelas ini akan menentukan apakah kamu akan menghabiskan semester dengan santai atau penuh tekanan. 

Bayangkan kamu dan seluruh mahasiswa di Korea Selatan masuk ke dunia maya secara bersamaan untuk memperebutkan kelas impian. Biasanya kelas populer ini memiliki profesor populer, dan kredit yang mudah. 

Perang kelas ini terjadi karena banyak kampus di Korea memiliki regulasi ketat tentang batasan jumlah student di kelas.

 

2. Komunitas yang Kuat

Kampus di Korea biasanya mengadakan Membership Training (MT) yang diadakan oleh masing-masing jurusan. MT adalah perjalanan akhir pekan bagi mahasiswa, dimana mereka menghabiskan malam di kabin atau rumah kayu, bertukar informasi tentang kuliah, memasak BBQ, dan menjalin pertemanan baru. Biasanya komite mahasiswa juga menciptakan permainan yang menyenangkan dan kreatif.

Untuk mengekspresikan loyalitas terhadap fakultas, mahasiswa akan menggunakan barang dengan nama kampus tersebut. Misalnya seperti topi, jaket, pin, dan masih banyak lagi.

 

3. Korea Sangat Sangat Serius Dalam Mengadakan Acara

Di masa awal penyambutan baru, mahasiswa di Korea akan mengadakan berbagai acara. Mulai dari MT, hingga festival kampus. 

Skala festival kampus di Korea sangatlah memukau. Sebagian besar festival kampus berlangsung sekitar 3-4 hari. Selama festival ini, mahasiswa akan mendirikan gerai berdasarkan tema, dimana mereka bekerja sama untuk menyajikan hidangan dan minuman. Klub dan organisasi mahasiswa juga memainkan peran penting seperti band musik, dance group, klub drama, dan masih banyak lagi.

Yang menjadi sorotan dari festival ini adalah, kampus akan mengundang penyanyi dan idol grup terkenal untuk tampil di hari terakhir. Mahasiswa akan menghabiskan minggu dan bulan sebelum festival dengan menebak-nebak siapa bintang tamunya. Bintang tamu yang hadir pun sering kali melampaui harapan mereka, seperti Psy, Blackpink, dan Aespa.

 

 

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Edukasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Korea Selatan

 

 

Penutup

Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di Korea Selatan? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: