BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

STUDY ABROAD EXPO 2022

  Study Abroad Expo 2022 is here!!! Dihadiri berbagai universitas dari 11 negara mulai dari Australia, Canada, China, Ireland, Malaysia, New Zealand, Singapore, Swiss, Taiwan, USA dan UK. Melalui event […]

Find out more »

TIPS JITU MENGHADAPI IELTS SPEAKING TEST

Untuk kamu yang ingin kuliah ke luar negeri, tentunya harus melewati fase Speaking IELTS Test agar dapat lolos. Tapi sayangnya, banyak banget student yang gagal melewati ini karena jarang berlatih. […]

Find out more »

Tips & Trick Jumpstart Your Art Portfolio

Salah satu syarat masuk ke program Art & Design di Top University dunia, adalah dengan melampirkan Art Portfolio yang luar biasa dan lain daripada yang lain. Kamu mungkin akan merasa […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

4 GOOD STUDY HABITS FOR COLLEGE STUDENTS

Posted on 26 Januari 2022

 

4 GOOD STUDY HABITS FOR COLLEGE STUDENTS

Trik untuk belajar dengan baik adalah menemukan cara bagaimana belajar dengan lebih cerdas — bukan lebih keras. Mengadaptasi kebiasaan belajar yang baik dan mempraktikkannya akan membantu kamu belajar secara efisien dan mencapai prestasi akademik di universitas. Berikut beberapa kebiasaan baik dan tips yang bisa kamu gunakan saat belajar:

 

Discover What Works Best for You 

Sebelum mulai belajar, penting untuk mengetahui kamu adalah tipe pelajar yang seperti apa, apakah kamu:

  • Seorang pembelajar visual yang lebih suka belajar dengan melihat informasi
  • Seorang pembelajar auditori yang lebih suka mendengarkan informasi saat belajar
  • Seorang pembelajar kinestetik yang lebih menyukai pembelajaran langsung, seperti berpartisipasi dalam aktivitas atau memecahkan masalah dunia nyata

Setelah mengidentifikasi kamu tipe pelajar yang mana, temukan metode yang paling tepat untuk digunakan dalam belajar. Misalnya, jika kamu seorang pembelajar visual, maka kamu dapat menggunakan grafik, diagram, dan mind maps, atau bahkan menonton film dokumenter atau video yang relevan dengan bidang studi yang kamu pelajari. Selain itu, juga lakukan hal berikut:

 

BACA JUGA: 5 TIPS FOR IELTS ONLINE

 

  • Choose The Ideal Place to Study 

Kamu harus duduk di tempat di mana kamu merasa nyaman dan tidak akan terganggu. Misalnya, jika kamu memilih untuk belajar di ruang TV, mungkin kamu tidak dapat fokus karena terlalu banyak gangguan. Pastikan kamu belajar di tempat yang tenang, dan matikan atau heningkan ponsel saat kamu belajar.

 

  • Create an Outline of What You Want to Study and Make Short Notes

Membuat garis besar sebelum mulai belajar membantu kamu memiliki sesi yang produktif. Dengan garis besar, kamu dapat mengekstrak dan meringkas informasi yang paling penting. Ini adalah metode efektif yang akan membantu untuk mengingat apa yang kamu pelajari.

 

  • Practice What you Studied with Friends

Jika kamu tipe yang belajar lebih maksimal sebagai bagian dari tim, kamu dapat berkumpul dengan teman dan belajar sebagai kelompok. Ini tidak hanya akan memotivasi untuk belajar dengan baik, tetapi juga dapat membantu kamu mengingat sesuatu lebih cepat.

 

  • Do not Hesitate to Ask for Help 

Akan selalu ada teman atau profesor yang mau membantu studi kamu. Jika kamu mengalami kesulitan memahami apa yang kamu pelajari, coba hubungi profesor, advisor, atau staf di campus resource centers.

 

 

3 GOOD STUDY HABITS FOR VIRTUAL LEARNING

Dengan adanya pandemi COVID-19, pembelajaran virtual telah menjadi bagian dari kehidupan mahasiswa. Berikut adalah beberapa kebiasaan belajar yang dapat kamu gunakan untuk belajar dari jarak jauh:

 

  • Give Yourself Time to Get Familiar with the New Environment

Mungkin perlu beberapa waktu untuk menyesuaikan dengan praktik pembelajaran online. Ruang kelas digital mirip dengan ruang kelas biasa, tetapi mungkin kamu masih merasa asing, terutama pada saat baru memulai. Jadi, usahakan buat dirimu nyaman dengan lingkungan baru. Baca silabus kuliah dan biasakan diri dengan profesor dan tutor di kelas. Pastikan kamu memenuhi persyaratan teknis kuliah online dengan memeriksa koneksi internet, dan memiliki peralatan yang diperlukan, seperti laptop dan headphone.

 

  • Identify Your Goals and Build a Study Plan

Sebelum mulai belajar, kenali apa saja tujuanmu, dan tuliskan. Dengan cara ini, kamu dapat melacak tujuan yang kamu identifikasi dan meninjaunya sebelum mempelajari materi kuliah. Dengan menyusun rencana studi, kamu dapat memprioritaskan tujuan dan menghemat waktu.

 

  • Stay Motivated 

Saat belajar dari rumah, mungkin sulit untuk tetap termotivasi. Salah satu cara untuk tetap termotivasi adalah dengan mengingat mengapa kamu memilih untuk memulai kuliah sejak awal. Sekali lagi, ingatlah tujuan kamu dan bagaimana kuliah ini akan membantu kamu mencapainya. Tetap terhubung dengan teman sekelas dan berbagi tips belajar satu sama lain. Jika kamu merasa bingung, istirahatlah sejenak atau hubungi seseorang yang kamu percayai untuk meminta nasihat.

 

BACA JUGA: TIPS AGAR ANAK BISA KULIAH DI LUAR NEGERI

 

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: