BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

HOW TO WORK IN USA AFTER GRADUATION?

Posted on 18 Januari 2022

 

HOW TO WORK IN USA AFTER GRADUATION?

Jika Sahabat ER ingin tinggal dan bekerja di USA setelah lulus, panduan untuk perpanjangan visa F-1 dan OPT ini dapat membantu kamu memahami pilihan yang tersedia.

  • Bisakah mahasiswa internasional bekerja di USA setelah lulus? Ya!
  • Berapa lama mahasiswa internasional dapat tinggal di USA setelah lulus? Tergantung

Meskipun visa F-1 kamu kedaluwarsa ketika kamu tidak lagi terdaftar di perguruan tinggi, ada beberapa cara bagi lulusan untuk dapat tinggal di USA. Apakah untuk keperluan menyelesaikan magang atau mendapatkan pengalaman kerja dunia nyata. Perpanjangan Optional Practical Training (OPT) atau perpanjangan STEM OPT untuk visa F-1 dapat memungkinkan mahasiswa untuk tinggal di USA secara legal setelah lulus kuliah.

Ada banyak peraturan yang harus diikuti oleh mahasiswa internasional saat bekerja di USA, dan pada awalnya, peraturan ini mungkin tampak seperti sebuah tantangan. Namun, mendapatkan perpanjangan visa F-1 yang tepat dapat membantu. Berikut pilihan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan visa F-1, perpanjangan OPT, dan metode lain untuk memperpanjang visa pelajar internasional setelah lulus.

 

BACA JUGA: CARA DAFTAR KULIAH DI TEXAS A&M UNIVERSITY, USA

 

HOW TO STAY IN USA LEGALLY AFTER GRADUATION?

Salah satu cara agar mahasiswa dapat tinggal di USA dengan visa pelajar internasional setelah lulus adalah dengan OPT extension. Post-completion OPT memungkinkan lulusan baru untuk bekerja di USA hingga 12 bulan. Banyak mahasiswa internasional bertanya-tanya bagaimana caranya untuk bisa mendaftar OPT sebelum lulus? Tidak seperti Curricular Practice Training (CPT), yang harus diselesaikan saat mahasiswa masih terdaftar di perguruan tinggi atau universitas, OPT dapat diselesaikan sebelum atau setelah lulus kuliah. Ingatlah bahwa mahasiswa hanya memenuhi syarat untuk total pelatihan praktis selama 12 bulan.

Jadi, jika mahasiswa menggunakan semua OPT atau CPT saat mereka masih terdaftar, maka mereka tidak akan memenuhi syarat untuk jenis perpanjangan visa F-1 ini. Namun, mahasiswa akan kembali memenuhi syarat jika mereka mendaftar di sekolah pascasarjana. Untuk mahasiswa yang sedang belajar program studi sains, teknologi, teknik, atau matematika (STEM) mungkin memenuhi syarat untuk perpanjangan OPT STEM. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk tinggal dan bekerja di USA selama 24 bulan setelah lulus.

 

  • Optional Practical Training (OPT)

OPT adalah peluang kerja di luar kampus untuk mahasiswa F-1 dan peluang ini menghubungkan mahasiswa dengan organisasi USA di mana mereka dapat memperoleh pengalaman langsung di bidang studi yang mereka ambil.

 

  • H-1B Visa (Non-immigrant Visa)

Mahasiswa mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan visa H-1B, yang juga disebut Person in Specialty Occupation Visa, Jika mahasiswa telah diterima di posisi pekerjaan tertentu yang memenuhi persyaratan.

 

  • Green Card

Green Card memungkinkan mahasiswa bekerja di mana saja di USA, menerima keuntungan finansial, dan tinggal di USA tanpa batas waktu. Namun, karena Green Card sangat diminati, mungkin perlu waktu bertahun-tahun untuk mendapatkannya.

Sebagai mahasiswa, status mahasiswa F-1 hanya sementara. Sementara visa H-1B hanya mengizinkan mahasiswa tinggal di USA selama beberapa tahun, Green Card adalah langkah pertama mahasiswa untuk dapat tinggal secara permanen.

 

BACA JUGA: SYARAT MASUK KULIAH DI OREGON STATE UNIVERSITY, USA

 

 

Tertarik untuk kuliah di USA? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: