BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

Virtual Study Abroad Expo (9-10 Oct 2021)

  Pameran Virtual Kuliah ke Luar Negeri dengan pilihan terlengkap dihadiri oleh TOP Universitas Negeri dan Swasta dari Asia, US, UK, Canada, Ireland, Eropa, Australia dan New Zealand! dan 100% […]

Find out more »

Talk: Jurusan ANTI – Pengangguran!

Pada bingung mau kuliah di jurusan apa yang bisa menjanjikan prospek karir yang bagus? Jawabannya adalah Cybersecurity! - Program berfokus pada pengamanan komputer dan internet.  Bekerjasama dengan PSB Academy, Singapore. […]

Find out more »

Torrens University Australia – Open House

Torrens University Australia is Australia's fastest growing university with 90% career employability! Students who are keen to study in Australia are encouraged to explore wide range of Torrens University courses […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

CARA DAFTAR KULIAH DI INGGRIS

Posted on 21 Agustus 2021

london eye

 

KULIAH DI INGGRIS

Inggris memiliki sejarah panjang dalam hal pendidikan. Ada banyak institusi pendidikan di Inggris yang dibangun ratusan tahun yang lalu dan masih aktif sampai hari ini. Seiring berjalannya waktu, Inggris terus melakukan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan sehingga menjadikan negara ini sebagai salah satu negara yang progresif dalam bidang pendidikan. Jutaan pelajar dari penjuru dunia bermimpi agar dapat diterima di universitas-universitas di Inggris setiap tahunnya.

Selama bertahun-tahun, ada banyak universitas di Inggris yang mendapat peringkat universitas terbaik di dunia. Hal ini yang membuat institusi pendidikan di Inggris selalu berada di jajaran posisi teratas pendidikan terbaik di dunia. Ada banyak sekali institusi yang dikenal terdepan dalam hal riset dan penelitiannya dalam berbagai bidang ilmu dan pendidikan. Penelitian universitas-universitas tersebut tidak hanya diakui di Inggris namun juga seluruh dunia.

 

KUALITAS PENDIDIKAN TERBAIK

Ada dua jenis universitas di Inggris, yaitu yang berfokus pada bidang ilmu-ilmu murni serta yang berfokus pada ilmu-ilmu modern. Universitas yang lebih tua biasanya fokus pada studi dan penelitian dalam ilmu-ilmu tradisional. Sementara universitas baru cenderung menawarkan pilihan bidang yang lebih modern dan beragam.

Salah satu keuntungan kuliah di Inggris adalah durasi studi yang lebih singkat dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Bagi Sahabat ER yang telah menempuh pendidikan sekolah dengan kurikulum internasional, melanjutkan studi di Inggris akan membuat Sahabat lulus lebih cepat. Durasi studi S1 di Inggris umumnya adalah tiga tahun, sementara studi S2 biasanya dapat diselesaikan dalam satu tahun saja. Namun jika Sahabat sekolah dengan kurikulum nasional, maka harus mengambil program Foundation terlebih dahulu selama satu tahun.

 

BACA JUGA: 4 ALASAN HARUS AMBIL S2 DI INGGRIS

 

PERSIAPAN KULIAH DI INGGRIS

Semua pendaftaran kuliah program S1 di Inggris dilakukan melalui UCAS (The Universities and Colleges Admissions Service). Namun jangan khawatir, Education Republic akan dengan senang hati membantu proses pendaftaran. Sehingga Sahabat ER tak perlu repot dan bingung dalam proses pendaftaran ke universitas pilihan. Beberapa hal yang Sahabat ER perlu siapkan dan ketahui adalah:

  • Mencari informasi mengenai universitas pilihan.
  • Mencari informasi mengenai program studi yang akan dipilih.
  • Memulai proses pendaftaran setidaknya satu tahun akademik sebelum tanggal perkuliahan mulai diadakan.
  • Sahabat boleh mendaftar untuk 5 program kuliah. Kecuali untuk program kedokteran, kedokteran gigi dan kedokteran hewan hanya boleh memilih 4 program studi.
  • Pada umumnya, perkuliahan S1 di Inggris dimulai setiap bulan September/Oktober. Tetapi ada juga program-program tertentu yang dimulai di bulan Januari dan Mei.
  • Pendaftar hanya diperbolehkan untuk mendaftar ke Oxford atau Cambridge (tidak bisa mendaftar untuk keduanya). Jika salah satu dari universitas ini adalah tujuan Sahabat, maka Sahabat perlu mendaftar sebelum 15 Oktober setahun sebelum perkuliahan dimulai.

 

SYARAT PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

Beberapa dokumen yang harus calon mahasiswa siapkan sebagai syarat pendaftaran adalah sebagai berikut:

IELTS

Harus memiliki Sertifikat IELTS (International English Language Testing System). Minimal skor yang harus Sahabat dapatkan untuk IELTS adalah:

  • 0 – 5.0 untuk program Foundation (persiapan kuliah)
  • 5 – 6.0 untuk program sarjana S1
  • 5 – 7.0 untuk program pascasarjana S2

 

Personal Statement

Calon mahasiswa harus menulis personal statement. Personal statement adalah sebuah essay yang berguna untuk mengenalkan diri kepada universitas dengan menunjukkan berbagai prestasi yang Sahabat miliki. Tujuannya untuk meyakinkan universitas untuk menerima Sahabat sebagai mahasiswa di universitas mereka. Peran personal statement ini sangat penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam proses pendaftaran. Berikut panduan menulis personal statement:

  • Minimal 1000 karakter, dan maksimal 4000 karakter termasuk spasi
  • Tulis dalam bahasa Inggris
  • Tuliskan alasan memilih fakultas dan universitas tersebut
  • Tuliskan apa yang membuat Sahabat merasa cocok mengambil fakultas tersebut
  • Sertakan keahlian, pengalaman, dan prestasi yang relevan (boleh memasukkan sertifikat yang diperoleh, kegiatan eks-kul, perlombaan, dsb.)
  • Tuliskan alasan kenapa ingin kuliah di Inggris, dibandingkan di Indonesia
  • Akan lebih baik lagi jika Sahabat menuliskan juga rencana sesudah lulus kuliah nanti dan bagaimana Sahabat akan memanfaatkan ilmu yang telah didapat

 

BACA JUGA: ALASAN KULIAH DI UNIVERSITY OF SURREY, INGGRIS

 

BIAYA KULIAH DI INGGRIS

Biaya kuliah di universitas berbeda-beda tergantung universitas dan program studi yang dipilih. Tapi secara umum berkisar antara GBP12,000 – GBP20,000 per tahun; sedangkan untuk kedokteran, biaya kuliah sekitar GBP15,000 – GBP40,000 per tahun. Program S-2 (Master) di UK biasanya membutuhkan waktu singkat yakni hanya satu (1) tahun, termasuk program MBA (Master of Business Administration).

 

BIAYA HIDUP DI INGGRIS

Sama dengan biaya kuliah, biaya hidup selama di Inggris juga bervariasi tergantung dimana lokasi tempat tinggal. Tentunya tinggal di kota besar seperti London akan lebih mahal daripada di kota-kota kecil. Namun, secara umum estimasi biaya yang diperlukan untuk tinggal di Inggris adalah GBP1,015 per bulan.

 

Tertarik untuk kuliah di Inggris? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: