BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

10 TIPS UNTUK INTERNASIONAL STUDENTS

Posted on 11 Juni 2022

 

- Education Republic

Rasa gugup, takut dan cemas wajar kamu rasakan saat akan melangkah menuju lembaran baru. Kampus baru, lingkungan baru, teman baru, bahkan bahasa baru. Inilah yang akan dihadapi saat akan berangkat kuliah. Terutama untuk kamu yang kuliah di luar negeri. Kamu akan membutuhkan tips ampuh untuk membantu hidupmu sebagai student internasional.

Spesial untuk student internasional yang baru kuliah diluar negeri, ini 10 tips yang wajib kamu lakukan:

 

1. MANAGE UANG

This is the most important thing to do as a new international student. Kamu harus bisa menyusun budget mulai dari kebutuhan prioritas hingga kebutuhan sekunder. Survey harga bahan-bahan kebutuhan pokok sehingga memudahkan untuk memanage keuangan.

 

2. TINGKATKAN SKILL BAHASA

Bahasa Inggris memang bahasa internasional, tapi tidak ada salahnya meningkatkan bahasa lokal. Kamu akan lebih mudah berkomunikasi dengan penduduk asli di tempat tersebut.

 

3. GABUNG KOMUNITAS

Suka memasak? Melukis? Bersepeda? Membaca? Atau kamu punya hobi lain? Kamu bisa bergabung dengan komunitas! Tindakan ini akan memberimu kesempatan bertemu teman-teman baru dengan berbagai latar belakang.

 

4. BANGUN KOMUNITAS

Berada di tempat asing sedikit terasa menakutkan, karena itu kamu butuh teman-teman yang bisa membuat rasa takut dan rasa rindumu akan kampung halaman sedikit berkurang. Kamu bisa membangun komunitas atau grup yang berisi teman-teman sekampung halaman.

 

5. COBA BUDAYA BARU

Belajar di kampus memang penting, tapi mempelajari budaya baru juga tidak kalah penting. Make the most of your time dengan mempelajari budaya dan mencoba hal-hal baru.

 

 

BACA JUGA: KULIAH KE BELANDA? KETAHUI 7 FAKTA INI!

 

 

6. RESEARCH TRANSPORTASI

Akses transportasi memiliki rate harga yang berbeda. Untuk mendapatkan yang paling efektif dan efisien, kamu mungkin perlu melakukan research harga, akses dan tujuan. Setelah mendapatkan yang sesuai, percayalah hidup sehari-harimu akan lebih mudah.

 

7. PAHAMI SISTEM PENILAIAN

Negara yang kamu datangi, bisa saja memiliki sistem grading atau penilaian yang berbeda dari Indonesia. Dengan melakukan ini, kamu akan lebih mudah menyusun sistem belajar.

 

8. ATUR JADWAL HARIAN

Membuat jadwal harian akan sangat membantu untuk mengatur skala prioritas. Apa yang harus kamu lakukan lebih dulu? Apakah minggu ini kamu memiliki banyak tugas, atau senggang? Dengan mengatur jadwal harian, tindakanmu setiap harinya akan lebih tersusun dan teratur.

 

9. MANFAATKAN STUDENT SUPPORT SERVICES

Begitu tiba di kampus untuk pertama kali, kamu harus mencari dimana lokasi Student Support Service. Tanyakan sedetail mungkin pelayanan apa saja yang tersedia dan bagaimana cara mendapatkannya. Misalnya seperti konseling, akses kesehatan student hingga pelayanan akomodasi tempat tinggal.

 

10. JANGAN TAKUT UNTUK MINTA BANTUAN

Terkadang akan ada hal-hal yang terjadi diluar rencana dan membuat ragu-ragu. Baik ini terjadi di lingkungan belajar atau sosial, kamu boleh meminta bantuan orang lain. 

 

 

BACA JUGA: TERBAIK DI DUNIA, INI FAKTA KAMPUS DI AUSTRALIA

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah ke luar negeri? Ayo segera hubungi Education Republic sebagai perwakilan resmi kampus ternama di  Belanda, Australia, China, Dubai, Korea, US, UK dan masih banyak lagi. Kamu bisa konsultasi dan dipandu dengan GRATIS!

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER              :  t.me/edurepublic

Batam Office              :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                   :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office              :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office      :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office       :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: