BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Tips Meningkatkan Public Speaking

Posted on 4 Januari 2023

Tips Meningkatkan Public Speaking

Serangga? Nggak takut. Terbang naik pesawat? Berani. Public speaking? Nggak! 

Public speaking adalah salah satu ketakutan paling banyak diidap. Membayangkan akan berbicara di depan umum saja bisa membuat telapak tangan berkeringat. 

Namun di dunia kuliah, student akan sering diminta untuk melakukan presentasi atau berbicara di depan kelas. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menguji pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi seseorang. 

Dan jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki ketakutan akan public speaking. Berikut beberapa Tips untuk Meningkatkan Public Speaking yang dapat kamu lakukan.

 

 

BACA JUGA: Benefit Bergabung dengan Asosiasi Alumni

 

 

Jangan Biarkan Rasa Gugup Menghalangi

Gugup adalah sesuatu yang normal. Semua orang pernah merasakan reaksi seperti jantung berdebar dan tangan gemetar. Tapi hal ini tidak menandakan bahwa kamu akan tampil dengan buruk. Adrenalin yang kamu rasakan justru akan membuatmu lebih waspada dan siap memberikan performa terbaik. Yang perlu kamu lakukan adalah berlatih, berlatih dan terus berlatih. 

 

Kenali Audiens

Sebelum menyusun materi, alangkah lebih baik bagimu untuk mempertimbangkan kepada siapa pesan itu ditujukan. Kenali audiens untuk menentukan pilihan kata, tingkat informasi, pola organisasi dan pernyataan motivasi.

 

Susun Materi Sebaik Mungkin

Buat kerangka untuk materimu. Tuliskan topik, tujuan umum, tujuan khusus, ide sentral dan poin utama. Pastikan kamu dapat menarik perhatian audiens dalam 30 detik pertama.

 

Hati-Hati dengan Respon

Fokuslah pada reaksi penonton dan sesuaikan isi pesanmu secara fleksibel. Menyampaikan materi kalengan atau yang terlalu berat akan membuatmu kehilangan perhatian audiens atau membuat mereka bingung.

 

Menggunakan Suara dan Tangan Secara Efektif

Kamu juga dapat menyampaikan pesan secara non-verbal. Penyampaian yang baik tidak menarik perhatian dengan sendirinya, melainkan menyampaikan gagasan dengan jelas dan tanpa hambatan.

 

 

BACA JUGA: A to Z: Mengenal Student Loan

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk kuliah dan bekerja di luar negeri? Butuh panduan untuk lulus? Segera hubungi Education Republic, kami akan dengan senang hati membantu secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Medan office            : 0821 5505 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: