BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

Murdoch MBA Networking and Reception

Murdoch University, kampus negeri Australia yang berhasil menduduki peringkat Top 2% Kampus Terbaik dunia. Terletak di kota Perth, Murdoch University telah melebarkan kampusnya di Singapura dan juga Dubai. Dan kini, […]

Find out more »

Tips and Trick: STEP UP TO CREATE A BETTER PORTFOLIO

How to improve your portfolio dan mendapatkan jalur singkat ke sekolah seni ternama dunia? Education Republic presents an offline event "Tips and Trick: STEP UP TO CREATE A BETTER PORTFOLIO" […]

Find out more »

Coffe Talk: Study and Working in Ireland with NCI

National College of Ireland, kampus pendidikan tinggi yang terletak di Sillicon Valley of Europe ini siap bincang-bincang santai sembari minum kopi dengan kamu. Tahukah kamu, bahwa NCI dekat dengan perusahaan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

The Brief History of Queen Elizabeth II, Ratu Kesayangan Masyarakat Inggris

Posted on 10 September 2022

The Brief History of Queen Elizabeth II, Ratu Kesayangan Masyarakat Inggris

Kamis, 8 September 2022 adalah waktu berduka bukan hanya bagi masyarakat Inggris namun seluruh dunia. Hari itu menjadi waktu berpulangnya Ratu Elizabeth II yang telah berusia 96 tahun.

Ratu Elizabeth II sendiri merupakan ratu yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris. 

Ia resmi menjadi ratu pada 6 Februari 1952, dan dimahkotai pada 2 Juni 1953. Dia bahkan merayakan 70 tahun takhta pada Juni 2022 dengan Platinum Jubilee-nya.

Selain seorang ratu, dia adalah ibu dari Pangeran Charles sang pewaris takhta serta nenek dari Pangeran William dan Harry. Sebagai pemegang monarki terlama di Inggris, ia mencoba membuat pemerintahan yang lebih modern dan sensitif terhadap perubahan publik sembari mempertahankan tradisi kerajaan.

Untuk menghormati beliau, yuk kita bahas sedikit mengenai The Brief History of Queen Elizabeth II, Sang Ratu Kesayangan Masyarakat Inggris.

 

 

BACA JUGA: INTO UK: BEASISWA KULIAH KE TOP KAMPUS INGGRIS 2022/2023

 

 

Kehidupan Awal

Ratu Elizabeth dengan nama Elizabeth Alexandra Mary terlahir pada 21 April 1926 di London dari pasangan Pangeran Albert (King George VI) dan Elizabeth Bowes-Lyon.

Awal mula kelahirannya, tidak satu pun orang menyangka bahwa Elizabeth akan menduduki takhta kerajaan Inggris Raya. Pun dirinya sendiri juga tidak menyangka. Ia menikmati dekade awal kehidupannya tanpa terbebani oleh tekanan menjadi seorang ratu.

Pecahnya Perang Dunia II pada tahun 1939, Elizabeth dan saudarinya pindah ke Kastil Windsor. Disana ia membuat siaran radio terkenalnya pada tahun 1940 dengan pidato khusus untuk memberikan keyakinan dan kekuatan kepada anak-anak Inggris yang telah dievakuasi.

Sang Putri yang berusia 14 tahun menunjukkan ketenangan dan ketegasannya dengan kalimat legendaris “That in the end, all will be well. For God will care for us and give us victory and peace”.

Pada tahun 1942, Elizabeth pertama kali muncul ke publik untuk menemani orang tuanya pada kunjungan resmi kerajaan. Di tahun 1945, ia bergabung dengan Auxiliary Territorial Service untuk membantu perang.

 

Kenaikan Tahta

Ketika kakek Elizabeth, George V meninggal di tahun 1936, putra sulungnya menjadi Raja Edward VIII. Namun ia justru jatuh hati dengan janda Amerika bernama Wallis Simpson dan memilih turun tahta agar bisa bersama kekasihnya.

Peristiwa itu mengubah jalan hidup Elizabeth, dan menjadikannya pewaris mahkota Inggris. Ayahnya menjadi Raja George VI dan ibunya menjadi Ratu Elizabeth. Hingga akhirnya Elizabeth II menaiki tahta dan menjadi Ratu Elizabeth II.

Elizabeth dimahkotai pada 2 Juni 1953 pada usia 25 tahun. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, proses pemahkotaan tayang di televisi dan menjadi siaran global.

 

Keluarga

Elizabeth menikahi sepupu jauhnya Philip Mountbatten pada 20 November 1947. Melahirkan anak pertama Pangeran Charles pada 1948, Putri Anne pada 1950, Andrew dan Edward pada 1960 dan 1964.

Di tahun 1969, dia meresmikan Charles sebagai penerus tahta. Pada tahun 1981, Charles yang berusia 32 tahun menikahi Putri Diana Spencer (rumor beredar karena tekanan keluarga).

Charles dan Diana kemudian memiliki anak Pangeran William yang telah menikah pada tahun 2011, dan penerus tahta berikutnya. Kemudian pada 1984, terlahirlah Pangeran Harry yang lalu menikah dengan Meghan Markle pada tahun 2019.

 

Masa Pemerintahan

Pemerintahan ratu Elizabeth yang panjang dan damai tercermin dari perubahan besar pada rakyatnya. Sebagai seorang ratu, Elizabeth jarang sekali mengemukakan pandangan politiknya, namun secara rutin berunding dengan perdana menterinya.

Pada dekade awal pemerintahannya, ia teratur melakukan kunjungan ke negara-negara lain untuk mengukuhkan hubungan baik. Ia menjadi ratu pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan dalam lebih dari lima dekade.

Tahun 2022, bangsa Inggris merayakan Platinum Jubilee sebagai ratu Inggris pertama yang mencapai tonggak sejarah menandai 70 tahun tahta.

Ia meninggal dengan damai di Balmoral Estate pada 8 September 2022, saat ia berusia 96 tahun.

 

 

BACA JUGA: How to Choose the Right Russell Group?

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di salah satu universitas ternama Inggris? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

Kamu juga dapat menghubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            :  t.me/edurepublic

Batam Office            :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office            :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: