BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Sejarah Hari Guru & Perayaannya di Seluruh Dunia

Posted on 25 November 2022

Sejarah Hari Guru & Perayaannya di Seluruh Dunia

 

Selamat hari guru untuk para pahlawan tanpa tanda jasa di seluruh Indonesia!

Hari guru adalah hari untuk menunjukkan apresiasi dan penghormatan kepada para guru yang telah melayani kebutuhan pendidikan di Indonesia. 

Tercatat pada 2015 lalu, angka buta aksara di Indonesia mencapai 5,9 juta jiwa. Namun pada tahun 2022, jumlah penduduk buta aksara di Indonesia telah menurun secara signifikan. Berdasarkan Survei Ekonomi Nasional 2021, angka buta aksara di Indonesia tinggal 1.56 persen atau 2,7 juta jiwa. Hal ini tentu saja tidak luput dari campur tangan tenaga didik di Indonesia yang berupaya menyalurkan ilmunya untuk mencerdaskan bangsa.

Lantas, kenapa tanggal 25 November justru dipilih untuk memperingati Hari Guru Nasional? Penasaran?

Simak artikel Sejarah Hari Guru & Perayaannya di Seluruh Dunia ya!

 

 

BACA JUGA: Hari Pahlawan dan Makna Kebangkitan Bagi Indonesia

 

 

Sejarah Hari Guru Nasional

Hari Guru bukanlah hari libur resmi, melainkan memiliki perayaan berupa upacara peringatan di sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru dan staff akademik yang telah mendedikasikan hidup untuk mendidik pemuda/i di Indonesia.

Berikut ringkasan timeline sejarah Hari Guru:

  • Tahun 1912, terbentuk Persatuan Guru Hindia Belanda yang memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki latar belakang pendidikan berbeda-beda. 
  • Tahun 1932, PGHB mengganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Namun pada masa penjajahan Jepang, segala bentuk organisasi dipaksa tutup termasuk PGI. 
  • Tahun 1945 tepatnya bulan November, Kongres I PGRI terselenggara dari tanggal 24-25 November 1945. Pada kongres ini, lahirlah kesepakatan PGRI sebagai wadah persatuan guru Indonesia dan menetapkan hari lahir PGRI yang kemudian tersebut sebagai Hari Guru Nasional pada 25 November setiap tahunnya.

 

Hari Guru Internasional

Hari Guru Internasional terjadi setiap tahun pada tanggal 5 Oktober. Resmi berdiri pada tahun 1994, dengan penandatanganan rekomendasi oleh International Labour Organization dan the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

“ILO/UNESCO Recommendation Concerning the Status of Teacher” tahun 1996, adalah instrumen penetapan standar yang menangani status dan situasi guru di seluruh dunia. Rekomendasi ini menguraikan standar yang berkaitan dengan kebijakan tenaga pendidikan, rekrutmen, dan pelatihan awal serta pendidikan berkelanjutan guru, pekerjaan dan kondisi kerja.

Hari guru internasional tidak jauh berbeda maknanya dengan hari guru nasional yang bertujuan untuk fokus pada “menghargai, menilai, dan meningkatkan kinerja para pendidik” dan memberikan kesempatan untuk mempertimbangkan isu-isu yang berkaitan dengan guru dan pengajaran.

 

 

BACA JUGA: Kegiatan Weekend Musim Gugur Untuk College Student

 

 

Tertarik untuk mendapatkan beasiswa pendidikan ke luar negeri atau ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu?

Kamu juga dapat menghubungi Team Education Republic untuk konsultasi gratis dan pengurusan kuliah.

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Medan office            : 0821 5505 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Tagged: