BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Kuliah di Luar Negeri, Ini Kisah Mahasiswa Indonesia Jalani Puasa

Posted on 1 April 2023

Kuliah Di Luar Negeri Ini Kisah Mahasiswa Indonesia Jalani Puasa - Education Republic

Kuliah di Luar Negeri, Ini Kisah Mahasiswa Indonesia Jalani Puasa

Ramadan Mubarak! Tahun ini kita kembali bertemu dengan bulan suci. Seperti yang kita ketahui, Ramadan adalah waktu dimana muslim di seluruh dunia berpuasa yang dimulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam selama sebulan penuh.

Untuk student internasional, tentunya puasa jauh dari rumah cukup menantang. Mulai dari makanan halal, tempat ibadah, hingga durasi puasa yang tentunya juga berbeda.

Nah kali ini, minER berkolaborasi dengan seorang student spesial untuk artikel “Kuliah di Luar Negeri, Ini Kisah Mahasiswa Indonesia Jalani Puasa”.

 

 

BACA JUGA: Kenapa Kamu Harus Konsultasi Sebelum Kuliah ke Luar Negeri?

 

 

Tentang Doni Cahyono

Kuliah Di Luar Negeri Ini Kisah Mahasiswa Indonesia Jalani Puasa

Doni Cahyono, pria asal Indonesia yang telah tinggal di Inggris, tepatnya kota London selama 1,5 tahun. Saat ini Doni tengah menjalankan studi S2 untuk program MA Education and Technology di University College London. 

 

Durasi Berpuasa

Berbeda dari Indonesia, puasa di Inggris berdurasi hingga 16 jam. Yes, you read it right. 16 hours. 

Namun, cuaca peralihan dari musim dingin ke musim semi menyebabkan suhu sangat dingin. Dan tentunya ini sangat membantu para muslim yang tengah berpuasa.

 

Waktu Sahur & Ibadah

Karena perubahan waktu yang signifikan, tidak dapat ditentukan waktu sahur yang sama persis selama sebulan. Biasanya Doni memilih waktu yang aman yaitu jam 2.30-3.00 pagi.

Untuk beribadah, Doni memiliki beberapa pilihan tempat seperti di kamar apartemen, common room apartemen bersama teman, di beberapa masjid sekitar apartemen dengan jarak tempuh 27 menit jalan kaki, dan beberapa kali ke masjid besar London seperti London Central Mosque dan East London Mosque.

 

Buka Bersama dengan Komunitas Muslim London

Kuliah Di Luar Negeri Ini Kisah Mahasiswa Indonesia Jalani Puasa

Doni cukup aktif dalam beberapa kegiatan dan organisasi, sehingga selalu mendapat undangan untuk buka puasa. Termasuk dengan teman kelas, komunitas muslim kampus, dengan warga Indonesia lain, teman PPI, KBRI, kegiatan Open Iftar London, Komunitas Pengajian Indonesia, Komunitas Muslim Tottenham Hale, dan masih banyak lagi. 

Kuliah Di Luar Negeri Ini Kisah Mahasiswa Indonesia Jalani Puasa

“Rasanya saya berbuka puasa di apartemen hanya sekali saja. Sisanya, saya selalu ada acara buka bersama,” kata Doni.

Doni juga menambahkan bahwa London memiliki banyak komunitas Muslim, sehingga student tidak akan merasa sendirian. Seperti UCL Islamic Society (UCL Isoc), Tottenham Hale Muslim Society, Indonesian Islamic Centre, PCI NU UK, KIbar UK dan Pengajian Al Ikhlas London. Doni tidak pernah merasakan kesulitan hidup sebagai seorang muslim. 

Buka Bersama Dengan Komunitas Muslim London 3 - Education Republic

“Alhamdulillah, selalu dikelilingi oleh orang-orang suportif,” tambah Doni.

 

Pusat Makanan Halal

London memiliki pusat perbelanjaan Tottenham Hale Retail Park. Terdapat beberapa swalayan untuk membeli kebutuhan dapur. Pada awalnya, memang tidak ada pilihan daging kemasan yang halal, namun beberapa bulan terakhir swalayan sudah mulai menjual daging halal. Biasanya sekitar masjid banyak penjual daging halal atau halal butcher.

 

Momen Puasa di London & Indonesia

Momen Puasa Di London Indonesia - Education Republic

Berbeda dengan puasa di Indonesia, kegiatan Doni di London berkisar dari mengerjakan disertasi, menghadiri kelas sore, mengikuti beberapa seminar, menghadiri undangan berbuka puasa, juga berolahraga tengah malam.

Doni mengungkapkan kerinduannya akan makanan khas Indonesia yang biasa hadir selama Ramadan (takjil) dan momen family time. Bulan Ramadan cenderung menjadi momen yang lebih intimate di keluarga Doni dengan makan bersama dan ibadah berjamaah. Meskipun begitu, Doni juga bersyukur mendapatkan kenalan dan membangun hubungan akrab dengan warga Indonesia di London.

 

Makna Ramadan di Tahun Ini

Makna Ramadan Di Tahun Ini - Education Republic

Bagi Doni, Ramadan adalah momen yang luar biasa karena ia dapat merasakan semangat warga muslim di London dalam menjalankan ibadah puasa di tengah masyarakat yang tidak melakukannya. Menaklukan tantangan dan godaan yang lebih besar, juga menimbulkan rasa bangga yang lebih besar. 

Doni bersyukur dapat bertemu dengan orang-orang baru dan saling bercerita. Pengalaman inilah yang membuatnya sadar, bahwa menjadi Muslim di negara lain memang tampak sulit, tapi hikmah dan rezeki selalu ada.

 

Penutup

Ramadan adalah bulan suci yang indah, penuh kehangatan, hikmah dan berkah. Semoga pengalaman Doni dapat menjadi inspirasi dan informasi untuk kamu yang ingin kuliah ke luar negeri ya. Mungkin di tahun depan, kamu juga dapat merasakan sensasi berpuasa di luar negeri.

 

 

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memilih Akomodasi di UK

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di UK atau negara lainnya? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Tangerang Office    :  0813-8897-6363 (chat Tangerang office now)

Medan office            : 0812 1338 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: