BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

7 FAKTA MENARIK KULIAH DI CHINA

Posted on 13 Juni 2022

 

Pendidikan di Asia faktanya tidak kalah dibanding Eropa atau Amerika. Negeri tirai bambu yang terkenal dengan tembok besarnya termasuk negara dengan sistem pendidikan yang progresif, dinamis dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Maka tidak heran ketika fakta kuliah di  China menjadi salah satu yang paling banyak dicari. 

Dilansir dari QS World University Rankings 2022, terdapat enam kampus di China yang berhasil masuk ke top 100, yaitu:

  • Tsinghua University
  • Peking University
  • Fudan University
  • Zhejiang University
  • Shanghai Jiao Tong University
  • University of Science and Technology of China

Hal ini menjadi bukti bahwa kualitas pendidikan tinggi di China merupakan salah sistem edukasi terbaik di seluruh Asia. Selain masuk top 100 sebagai kampus terbaik di dunia, berikut fakta menarik lainnya mengenai sistem kuliah di China.

 

 

BACA JUGA: KENAPA KULIAH DI SOUTH CHINA UNIVERSITY OF TECHNOLOGY?

 

 

1. SALAH SATU SISTEM PENDIDIKAN TERBESAR DUNIA

China adalah negara besar dengan mega populasi. Maka tidak mengherankan ketika China lantas menggenjot sektor pendidikan dengan membangun 2.529 pendidikan tinggi regular dan 1.327 kampus. Belum lagi mereka juga memiliki 1.187 sekolah vokasi jangka pendek.

 

2. BANJIR BEASISWA

Ada 1000 jalan menuju kampus di China. And no, we’re not talking about transportation. Untuk bergabung dengan kampus bergengsi di China, kamu bisa mencoba untuk apply pada program-program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah China untuk student internasional dari seluruh dunia. 

Selain itu kamu juga bisa bergabung dengan program Pre-University untuk mendapatkan peluang masuk yang lebih besar.

 

3. DESTINASI STUDI LUAR NEGERI POPULER

Dengan sistem edukasi yang telah berkembang dengan begitu pesat, China menjadi destinasi studi peringkat pertama di Asia.

Secara global pada tahun 2018, China berada di urutan ketiga setelah US dan UK. Menteri Pendidikan merilis data yang menyebutkan bahwa terdapat sedikitnya 500.000 murid internasional yang masuk ke universitas di China.

 

4. SALAH SATU UNIVERSITAS TERBAIK DUNIA

Sebagai salah satu negara berkekuatan ekonomi terbesar dunia, China menjadi rumah bagi sekolah-sekolah bisnis terbaik secara global. Termasuk CEIBS, CKGSB, dan HKUST Business School.

 

5. C9 League

C9 League adalah aliansi sembilan universitas paling bergengsi di China. Dikutip dari The People’s Daily, C9 League merupakan Ivy League versi China, yaitu:

  • Peking University
  • Tsinghua University
  • Fudan University
  • Shanghai Jiao Tong University
  • University of Science and Technology of China
  • Zhejiang University
  • Nanjing University
  • Xi’an Jiaotong University
  • Harbin Institute of Technology

Jika kamu berhasil ke salah satu dari sembilan kampus diatas, maka kamu memiliki peluang istimewa berupa fasilitas dan kerjasama antara kampus tersebut. C9 League juga menerima bantuan dana yang sangat besar dan merupakan pusat penelitian dan pengembangan yang kerap kali menjadi tujuan peneliti dunia.

 

6. AFFORDABLE LIFE STYLE

Kisaran biaya hidup di China lebih murah daripada US atau UK. Transportasi yang tersedia pun sudah berkembang dengan lebih dari 1.300 rute bus dan 5 jalur kereta bawah tanah.

 

7. STUDENT LIFE

Kehidupan student di China ternyata juga kompetitif seperti di Korea atau Jepang. Biasanya mereka mendedikasikan waktu luang untuk belajar. Selain kompetitif, mereka juga unggul pada penelitian dan terkenal inovatif.

Kuliah di China, akan membuat kemampuanmu berkembang pesat dan tentunya akan meningkatkan kedisiplinan dan kemampuan belajar.

 

 

BACA JUGA: PRE-UNIVERSITY DI TONGJI FOUNDATION

 

 

Jika kamu tertarik melanjutkan studi ke China, kamu dapat berkonsultasi dengan Education Republic. Selain China, kamu juga dapat kuliah ke negara lain seperti Australia, Belanda, Dubai, Korea, Singapura, Malaysia, US hingga UK. Yuk, segera konsultasi dan dipandu secara GRATIS!

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: