BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

UK IRELAND EDUCATION WEEK

Hybrid - UK Ireland Education Week 2023 by @educationrepublic GRATIS!!!   UK & Irlandia terkenal sebagai negara penyedia universitas tertua dan terbaik di dunia. Dan tidak mengherankan, karena UK & […]

Find out more »

US & CANADA EDUCATION WEEK

Make your study in US & CANADA dreams simple melalui FREE HYBRID EVENT by Education Republic. Tahukah kamu bahwa US & CANADA masih menduduki Top 10 Negara terfavorit oleh mahasiswa […]

Find out more »

TOP ASIA UNIVERSITY FAIR

Hybrid - Top Asia University Fair by @educationrepublic Pameran pendidikan ini hadir untuk membantumu merencanakan kuliah ke universitas ternama di negara Asia beperingkat tinggi seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Do’s and Don’ts Saat Kuliah di Korea Selatan

Posted on 14 Desember 2022

Do’s and Don’ts Saat Kuliah di Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara yang unik, dengan budaya tiada duanya. Banyak hal yang harus kamu ketahui dan pahami saat kuliah di Korea Selatan.

Masyarakat Korea memiliki struktur sosial dan budaya yang berbeda dan sangat berpatokan pada hierarki. Sesepuh, sosok dengan lebih banyak pengalaman mendapatkan status lebih tinggi dan rasa hormat. Apapun yang mereka katakan, harus dilakukan dan akan sangat buruk apabila ada orang “di bawah” yang memprotes atau tidak setuju.

Jika kamu ingin pergi ke negara ginseng ini, maka kamu perlu mengetahui Do’s and Don’ts Saat Kuliah di Korea Selatan. 

 

 

BACA JUGA: Tips Menjelajahi Negara Korea Selatan

 

 

Etika Makan

1. Tunggu yang lebih tua untuk memulai

Di Korea, kamu tidak boleh mengambil makanan atau makan lebih dulu. Urutan makan harus sesuai dengan usia. Mulai dari yang paling tua hingga paling muda.

 

2. Mengunyah dengan mulut tertutup, dan sembunyikan tulang

Tidak sopan saat kamu membuat suara saat mengunyah atau mengunyah dengan mulut terbuka. Jika kamu memakan makanan bertulang, sembunyikan tulang tersebut dengan tisu atau letakkan di bawah mangkuk nasi.

 

3. Tetap duduk hingga sesi makan benar-benar selesai

Kamu bisa ke kamar mandi sebelum makan. Tapi jika keadaan sudah mendesak, kamu dapat izin kepada yang lebih tua.

 

4. Peran sebagai yang termuda

Jika kamu yang termuda di meja tersebut, maka kamu harus menyiapkan sendok dan sumpit serta alat makan lainnya kepada yang lebih tua.

 

5. Penempatan alat makan

Sendok dan sumpit harus diletakkan di sebelah kanan nasi, dengan sendok di sebelah kiri dan sumpit di sebelah kanan. Kimchi stew umumnya terletak di tengah agar semua orang dapat menikmati.

 

Etika Minum

1. Pastikan gelas penuh

Jika kamu yang termuda, maka kamu bertugas untuk memastikan gelas seniormu agar senantiasa penuh.

 

2. Jangan isi gelasmu sendiri

Di Korea, mengisi gelasmu sendiri dianggap tidak sopan. Kamu harus menunggu orang lain untuk menawarkan mengisi gelasmu. Biasanya, yang termuda akan melakukannya. Namun jika ada orang yang lebih tua atau memiliki kedudukan lebih tinggi ingin mengisi gelasmu, artinya mereka ingin membangun hubungan baik denganmu.

Jika kamu tidak meminum alkohol, maka jangan menyentuh gelas dan pesan minuman lain. Kamu juga harus menolak dengan sopan agar tidak membuat orang lain tersinggung.

 

Menanyakan Umur

Menanyakan umur adalah hal yang sangat lumrah di Korea, jadi kamu tidak perlu tersinggung apabila ada orang yang menanyakan umurmu. 

Masyarakat Korea menanyakan umur agar dapat menggunakan bahasa yang lebih nyaman. Apabila berbicara dengan yang lebih muda, mereka dapat menggunakan bahasa informal sedangkan dengan yang lebih tua mereka harus menggunakan bahasa formal.

 

Tinta Merah

Kamu tidak boleh menulis nama orang lain menggunakan tinta merah. Menggunakan tinta merah artinya orang tersebut sudah meninggal. Dengan menggunakan tinta merah saat menulis nama orang yang masih hidup, artinya kamu berharap orang tersebut meninggal.

 

Jangan Pernah Duduk di Kursi Prioritas

Saat menaiki transportasi umum, kamu tidak boleh duduk di kursi prioritas. Biasanya kursi ini khusus untuk penumpang disabilitas, orang tua dan wanita hamil.

 

Lepas Sepatu Saat di Rumah

Jangan gunakan sepatu di dalam rumah. Kamu harus melepas dan meletakkannya di rak sepatu yang telah tersedia.

 

 

BACA JUGA: Akomodasi Student Internasional di Korea Selatan

 

 

Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di Korea Selatan? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Medan office            : 0821 5505 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: