BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

A Swiss Excellence with #1 Culinary School

A Swiss Excellence with #1 Culinary School Swiss itu nggak cuma soal pegunungan indah dan keju yang enak. Swiss juga punya sekolah kuliner peringkat Top 10 yang seru dan berkualitas […]

Find out more »

Study in Malaysia with Asia Pacific University

Study in Malaysia with Asia Pacific University   APU, kampus Top 50 Asia Tenggara yang super keren, seru dan dinamis. Di kampus ini kamu bisa eksplorasi minat dan passion, bahkan […]

Find out more »

Crafting Your Academic Path in Japan: KUAS Application Day!

Crafting Your Academic Path in Japan: KUAS Application Day!   KUAS, kampus teknik multidisiplin berbahasa Inggris pertama di Jepang! Dengan 97% employment rate, KUAS jadi kampus yang konsisten berhasil cetak […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

ARTIFICIAL INTELLIGENCE IN OUR EVERYDAY LIFE

Posted on 24 Maret 2022

 

ARTIFICIAL INTELLIGENCE IN OUR EVERYDAY LIFE

Mungkin kita tidak menyadari betapa banyak peran Artificial Intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari. Jika bicara mengenai Artificial Intelligence, hal pertama yang terlintas di pikiran kita pasti tentang film-film bergenre sci-fi, seperti Star Wars, Terminator, atau I, Robot.

Istilah machine learning bagi masyarakat awam dipandang sebagai hal yang futuristik, imajinatif, dan tidak nyata. Sebenarnya, konsep kecerdasan buatan sudah ada sejak lama, tepatnya sejak ahli matematika Alan Turing melontarkan pertanyaan, “Bisakah mesin berpikir?”.

Turing kemudian menulis esai “Computing Machinery and Intelligence” (1950), sebuah tulisan yang menjadi dasar fundamental penciptaan AI. Sejak saat itu, AI terus berkembang dan penerapannya pun semakin dekat dengan kehidupan manusia. Berikut beberapa contoh aplikasi Artificial Intelligence dalam kehidupan sehari-hari:

 

BACA JUGA: 5 PEKERJAAN PALING DICARI DI MASA DEPAN

 

Navigasi, Peta dan Travel

Penggunaan peta untuk navigasi dan travel adalah hal yang umum dilakukan sehari-hari. Dan hal tersebut berkaitan erat dengan Artificial Intelligence, apakah saat menggunakan Google Maps atau Apple Maps, atau saat memesan ojek online hingga membeli tiket pesawat. AI digunakan untuk menerjemahkan ratusan ribu titik data yang diterima untuk meberikan data lalu lintas secara real-time.

 

Sosial Media

Salah satu contoh aplikasi Artificial Intelligence dalam keseharian tampak nyata dalam sosial media. AI memudahkan pengguna untuk mencari dan berkomunikasi dengan teman melalui sosial media. Contohnya seperti penggunaan LinkedIn, di mana AI digunakan untuk mencocokan kandidat dengan tipe pekerjaan. Atau seperti di Pinterest, di mana AI digunakan untuk mengidentifikasi objek dalam gambar.

 

Rekomendasi Musik Baru

Artificial Intelligence juga digunakan dalam Spotify, terutama untuk memberikan rekomendasi lagu-lagu baru yang sesuai dengan lagu yang sudah kamu dengarkan atau suka sebelumnya.

 

Filter Email

Google Mail atau Gmail menggunakan Artificial Intelligence untuk memastikan bahwa hampir semua email yang diterima dalam inbox adalah email asli. Filter email di Gmail akan mengurutkan email ke dalam beberapa kategori yang dapat membantu pengguna untuk mengorganisir email.

 

BACA JUGA: 5 BIGGEST TECHNOLOGY TREND

 

Menarik ya mengetahui peran Artificial Intelligence dalam kehidupan kita sehari-hari. Apakah Sahabat ER ingin tahu pekerjaan apa yang cocok denganmu? Education Republic memiliki Psychometric Test untuk mengetahui potensi-potensi terbaik kalian. Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: