BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024   Calling out to students travelling to Ireland this Summer for the 2024/2025 academic year!   Join us for the Education in Ireland […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

7 Negara Dengan Tingkat Pengangguran Paling Rendah di Dunia

Posted on 5 Juni 2024

7 Negara Dengan Tingkat Pengangguran Paling Rendah Di Dunia - Education Republic

7 Negara Dengan Tingkat Pengangguran Paling Rendah di Dunia

 

Job hunting struggle is REAL! Bingung cari kerja? Sama!  

Tapi gimana kalau ada negara dengan tingkat pengangguran super rendah? Rendah banget sampe nggak ngerti lagi deh.

Kata International Labour Organization (ILO), rata-rata pengangguran di dunia tuh sekitar 6.3% – 6.5% di tahun 2023. Negara-negara ini ini jago banget mengurus penganggurannya, sampai jauh di bawah rata-rata global.

Di artikel ini minER akan mengajak kamu membahas 7 negara dengan tingkat pengangguran paling rendah di dunia.

Simak baik-baik ya bestie!

 

 

BACA JUGA:  Berapa Sih Biaya Ngekos di Luar Negeri?

 

 

7. Jerman

Tingkat pengangguran: 5.9%

Jerman memiliki model ekonomi yang berfokus pada industri, pendidikan, pelatihan yang kuat. Serta relasi yang bagus antar pebisnis dan karyawan sehingga tingkat pengangguran rendah.

Jerman - Education Republic

 

6. Singapura

Tingkat pengangguran: 2.10%

Singapura terkenal dengan tingkat pengangguran yang sangat rendah, bahkan dibandingkan dengan negara-negara maju anggota OECD.  Ini artinya, di Singapura, banyak orang yang ingin kerja bisa mendapat pekerjaan dengan mudah.  

Singapura - Education Republic

 

5. Jepang

Tingkat pengangguran: 2.6%

Dibanding negara lain, pengangguran di Jepang lebih rendah. Kenapa? Ini karena sistem kerja memang dirancang untuk menjaga jumlah pekerja dan menyesuaikan jam kerja alih-alih langsung mengurangi karyawan.

Lebih penting lagi, gaji di Jepang dibagi menjadi gaji pokok, uang lembur, dan bonus.  Pembagian ini membuat perusahaan bisa menyesuaikan total gaji karyawan dengan keadaan ekonomi.  Jadi, gaji tidak kaku dan bisa naik turun sesuai kebutuhan.

Sistem penggajian fleksibel di Jepang inilah yang diduga jadi alasan utama rendahnya angka pengangguran di sana sejak tahun 1970.

Jepang - Education Republic

 

4. Kuba

Tingkat pengangguran: 1.4%

Rendahnya angka pengangguran di Kuba disebabkan oleh dominasi negara dalam perekonomian. Artinya, sebagian besar tenaga kerja di Kuba dipekerjakan oleh pemerintah. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, Kuba juga mulai membuka sedikit peluang usaha swasta dan investasi asing.

Oleh karena itu, layanan yang disediakan pemerintah seperti pendidikan, kesehatan, dan subsidi turut membantu membuat lapangan pekerjaan menjadi lebih stabil di Kuba.

Kuba - Education Republic

 

3. Bahrain

Tingkat pengangguran: 1.4%

Mirip dengan negara-negara lain yang punya pengangguran rendah, Bahrain memiliki perekonomian yang beragam. Tapi, sektor minyak dan gas masih jadi yang paling utama.  Meskipun begitu, Bahrain juga punya industri perbankan dan jasa keuangan yang berkembang pesat, ditambah lagi sektor pariwisata yang sedang menjanjikan.  Semua ini menawarkan banyak lapangan kerja.  

Bahrain - Education Republic

 

2. Thailand

Tingkat pengangguran: 0.9%

Rendahnya angka pengangguran di Thailand bisa dijelaskan dengan melihat keragaman ekonominya.  Dengan total pendapatan negara (GDP) sebesar $536 miliar di tahun 2022, Thailand memiliki industri ekspor yang besar dan sektor jasa yang terus berkembang.  Pada tahun 2021, ekspor Thailand mencapai 58% dari GDP mereka.  Selain itu, surplus neraca berjalan (current account surplus) dan cadangan devisa internasional yang kuat turut membuat ekonomi Thailand stabil.

Thailand - Education Republic

 

1. Qatar

Tingkat pengangguran: 0.1%

Qatar memegang gelar negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia.  Kenapa?  Soalnya, Qatar punya perekonomian yang sangat stabil. Stabilitas ekonominya ini didukung oleh ekspor minyak bumi dan gas alam.  Meskipun ada sanksi dari negara-negara tetangga, Qatar memiliki mitra dagang yang beragam seperti Jepang, Korea Selatan, India, dan China.  Mitra dagang inilah yang menjamin permintaan energi dari Qatar tetap stabil, sehingga lapangan pekerjaan di sana juga terjaga.

Qatar - Education Republic

 

 

BACA JUGA: 6 Kampus Luar Negeri yang Buka Cabang di Indonesia

 

 

Penutup

Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di luar negeri atau butuh bantuan untuk meningkatkan skor IELTS? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

 

 

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: