BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

5 Negara yang Pertama Kali Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Posted on 16 Agustus 2023

5 Negara Yang Pertama Kali Mengakui Kemerdekaan Indonesia - Education Republic

5 Negara yang Pertama Kali Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Selamat Ulang Tahun Negara Kepulauan Republik Indonesia yang ke-78!

Setiap tanggal 17 Agustus, negara Indonesia merayakan hari kebebasannya dari para penjajah. Seyogyanya, kemerdekaan Indonesia berhasil terjadi karena adanya pengakuan kedaulatan dari negara-negara lainnya. 

Ada 2 unsur penting yang harus terpenuhi untuk mendirikan sebuah negara, yaitu unsur konstitutif dan deklaratif. 

  • Unsur deklaratif adalah unsur tidak mutlak yang boleh dipenuhi setelah suatu negara berdiri, yaitu pengakuan dari negara lain. Pengakuan ini berupa, pengakuan de facto (berdasarkan kenyataan yang ada atau fakta nyata berdirinya suatu negara), dan pengakuan de jure (berdasarkan pernyataan resmi menurut hukum internasional).
  • Unsur konstitutif adalah unsur mutlak yang harus ada saat suatu negara berdiri, meliputi rakyat, wilayah, pemerintahan yang berdaulat.

Berdirinya Indonesia sebagai negara merdeka tidak luput dari kontribusi negara lain yang memberikan pengakuannya. Ini dia 5 negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Yuk simak artikel ini ya!

 

 

BACA JUGA: Hari Pahlawan dan Makna Kebangkitan Bagi Indonesia

 

 

Mesir

Mesir - Education Republic

Negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir pada 22 Maret 1946. Sekretaris Jenderal Keamanan Mesir, Kamil Abdurahim Bey, memanggil perwakilan Indonesia di Mesir dan bertanya apakah Indonesia terlibat dengan konfrontasi dengan Belanda. Kemudian Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto setelah mengetahui bahwa indonesia tidak lagi terlibat hubungan dengan Belanda.

Pada tanggal 13-16 Maret 1947, Konsul Jenderal Mesir Muhammad Abdul Mu’im berkunjung ke Yogyakarta, menyampaikan pesan dari Liga Arab yang mendukung kemerdekaan. Di tanggal 10 Juni 1947, perwakilan Indonesia Haji Agus Salim, AR Baswedan, Nazir Pamoentjak, dan Razidi, beserta perwakilan Mesir yaitu Mahmud Fahmi Nokrashi menandatangani perjanjian persahabatan.

Mesir mendirikan Komite Pembela Kemerdekaan Indonesia yang terdiri dari tokoh Mesir, Arab, dan Islam. Bahkan pemerintah Mesir juga bersedia menanggung biaya hidup warga Indonesia di Mesir. 

 

India

India - Education Republic

Selanjutnya ada India, yang secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia oleh Perdana Menterinya Jawaharlal Nehru pada 2 September 1946. Ada beberapa alasan India mengakui kedaulatan Indonesia, yaitu:

  • Perasaan senasib dan sepenanggungan
  • Keterkaitan sejarah dan budaya
  • Pemimpin India dan Indonesia yang akrab
  • Diplomasi Beras oleh Sutan Sjahrir 1946

 

Arab Saudi

Arab Saudi - Education Republic

Karena penganut agama yang sama, Arab Saudi mengakui kemerdekaan Indonesia pada 18 November 1946. Hingga saat ini kedua negara masih menjalin kerja sama. Raja Salman di tahun 2017 berkunjung ke Indonesia untuk membuka peluang masuk TKI dan memudahkan aturan haji serta umroh.

 

Suriah

Suriah - Education Republic

Suriah secara konsisten memberikan dukungan atas perjuangan Indonesia agar mendapat pengakuan kemerdekaan Indonesia. Bahkan Suriah tergabung dalam misi perjuangan Indonesia pada Agresi Militer Belanda ke sidang PBB di tahun 1947. Suriah kemudian mengakui kemerdekaan Indonesia pada 2 Juli 1947.

 

Vatikan

Vatikan - Education Republic

Otoritas Katolik di Vatikan mengakui kemerdekaan Indonesia pada 6 Juli 1947. Dukungan Vatikan ditandai dengan pembukaan kedutaan Vatikan yaitu Apostolic Delegate. Pengakuan kemerdekaan oleh Vatikan ini adalah karena persamaan prinsip seperti:

  • Menginginkan perdamaian dunia
  • Menciptakan kerukunan antarumat beragama
  • Menolak pandangan ateisme dunia
  • Menginginkan keadilan sosial bagi seluruh umat
  • Memberikan kesejahteraan umat
Honorable Mention

Palestina - Education Republic

Tahukah kamu, ada fakta lain lho! Melansir dari buku Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri menyatakan bahwa Palestina merupakan negara pertama yang mendukung RI pada tahun 1944, bahkan sebelum Indonesia merdeka di tahun 1945. 

 

Penutup

Itulah 5 negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Peliknya perjuangan Indonesia selama bertahun-tahun akhirnya terbayar lunas melalui proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. 

Sekali lagi, selamat ulang tahun untuk Indonesia!

 

 

BACA JUGA: Sejarah Pendidikan di Indonesia

 

 

Tertarik untuk mendapatkan beasiswa pendidikan ke luar negeri atau ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu? Silahkan hubungi Team Republic untuk konsultasi gratis dan pengurusan kuliah.

Telegram ER            : t.me/edurepublic

Virtual Office           : 0823 7222 6363 (chat Virtual Office Now)

Batam Office           : 0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office                 : 0819 4675 8555 (chat Bali office now)

JKT Barat Office      : 0813 1298 6363 (chat Jakbar office now)

Tangerang Office    :  0813-8897-6363 (chat Tangerang office now)

Medan office            : 0812 1338 6363  (chat Medan Office now)

Pekanbaru office    : 0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office    : (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

 

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: