BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Future Goals: Study in New Zealand

Future Goals: Study in New Zealand   Ready to explore top-notch educational pathways in New Zealand? Join us at Education Republic Batam for an exclusive info session!   Event Details […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

3 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Kuliah ke Luar Negeri

Posted on 10 Juni 2024

3 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Kuliah Ke Luar Negeri - Education Republic

3 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Kuliah ke Luar Negeri

 

Nggak ada manusia yang sempurna.

Bener banget, nggak ada yang sempurna, apalagi soal ngelakuin kesalahan. Malah, kadang dari kesalahan itu kita belajar paling banyak. Termasuk pas lagi proses mau kuliah ke luar negeri. 

Kuliah ke luar negeri itu kayak petualangan penuh jebakan yang seru!

Nah, biar petualangan kamu nggak berakhir tragis alias gagal, mending kamu catat dan inget baik-baik 3 Hal Ini yang Bisa Bikin Kamu Gagal Kuliah ke Luar Negeri.

 

 

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Film atau TV Show Untuk Melatih Listening Skill

 

 

1. Mulainya Kelamaan

Ngurusin kuliah ke luar negeri itu kayak ngerjain quest legendary. Setiap kampus beda sistem dan beda syarat.

Ada student yang dari awal udah tau mau kuliah dimana dan harus ngelakuin apa. Ada juga yang masih ragu, bahkan ada yang bener-bener nggak tau. 

Makin cepet kamu mulai ngurusin kuliah, makin gampang kamu mengatur strategi. Nggak mau kan, nunda kuliah cuma karena salah pilih kampus atau program? Apalagi kalau jurusan kamu bisnis atau teknik yang ketat banget jadwalnya.

 

Karena prosesnya yang super panjang dan super ribut, it’s better if you start the process early. Lebih baik lagi, kamu bisa konsultasi dengan ER untuk mempermudah proses pra-pendaftaran, sampai mendaftar, hingga keberangkatan.

1. Mulainya Kelamaan - Education Republic

 

2. Nggak Ngatur Budget Dari Awal

Udah beli tiket, ngurus penginapan, kadang suka lupa kalau itu juga termasuk pengeluaran. Banyak mahasiswa yang kebablasan ngabisin duit pas lagi kuliah di luar negeri. Bukannya pelit ya, tapi ya tetep harus jaga-jaga biar nggak bangkrut di akhir bulan. 

Kamu harus start mikirin mana yang lebih penting: naik kereta super nyaman (tapi mahal)? Mau lihat monumen negara yang legendaris? Rela nggak sih tidur di akomodasi yang murah biar bisa makan di restoran yang lagi hits?

Kalau kamu terus-terus overbudget, pretty sure your parents would be super mad. Pokoknya jangan sampai kamu gagal kuliah ke luar negeri karena boros!

2. Nggak Ngatur Budget Dari Awal - Education Republic

3. Kuliah Beda Dari Liburan

Bayangin aja, kamu ke tempat asing, bawa koper, dan dikelilingi hal-hal baru. Pasti pengen dong ngeliat tempat keren dan foto sebanyak-banyaknya.

Tapi inget ya, kuliah itu beda dari liburan. Kamu nggak bakal jalan-jalan mulu. 3 bulan di sana, kamu harus belanja kebutuhan sehari-hari, ngerjain PR, jogging sore. Kalo liburan, kan kamu cuma ke tempat wisata yang biasa didatangi turis, foto-foto, terus nyantai. 

Semakin lama kamu tinggal, kamu mulai sadar apa yang kamu suka dan nggak suka tentang negara itu. Percaya deh, pasti ada hal yang nggak kamu suka! Tapi jangan sampai ketidak sukaan kamu itu, bikin kamu nyerah dan pulang ya. Karena gimana pun, kuliah di luar negeri itu berguna banget buat masa depan kamu.

3. Kuliah Beda Dari Liburan - Education Republic

 

 

BACA JUGA: Berapa Sih Biaya Ngekos di Luar Negeri?

 

 

Penutup

Nggak perlu takut untuk kuliah ke luar negeri! Dengan persiapan matang dan gaya hidup yang hemat, kamu bisa merasakan pengalaman seru hidup mandiri sekaligus memperlancar studimu.

Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaftar kuliah di luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

 

 

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: