BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

Virtual Study Abroad Expo (9-10 Oct 2021)

  Pameran Virtual Kuliah ke Luar Negeri dengan pilihan terlengkap dihadiri oleh TOP Universitas Negeri dan Swasta dari Asia, US, UK, Canada, Ireland, Eropa, Australia dan New Zealand! dan 100% […]

Find out more »

Talk: Jurusan ANTI – Pengangguran!

Pada bingung mau kuliah di jurusan apa yang bisa menjanjikan prospek karir yang bagus? Jawabannya adalah Cybersecurity! - Program berfokus pada pengamanan komputer dan internet.  Bekerjasama dengan PSB Academy, Singapore. […]

Find out more »

Torrens University Australia – Open House

Torrens University Australia is Australia's fastest growing university with 90% career employability! Students who are keen to study in Australia are encouraged to explore wide range of Torrens University courses […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

SYARAT DAFTAR KULIAH DI IRLANDIA

Posted on 20 Agustus 2021

dublin

 

KULIAH DI IRLANDIA

Negara Irlandia adalah salah satu negara favorit mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan. Meskipun belum seterkenal negara lain seperti Inggris atau Amerika, namun Irlandia memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik dengan harga terjangkau. Negara ini memiliki beberapa perguruan tinggi ternama dengan referensi dan kualitas pendidikan kelas dunia.

Untuk bisa mendaftarkan diri di universitas Irlandia, Sahabat ER perlu memiliki nilai yang baik sesuai dengan persyaratan masing-masing universitas. Selain itu, jika terdaftar sebagai mahasiswa internasional, Sahabat perlu melampirkan sertifikasi TOEFL/IELTS. Masing-masing sertifikasi memiliki nilai minimum yang harus kamu penuhi.

Jika persyaratan tersebut sudah dipenuhi, maka Sahabat bisa mendaftarkan diri ke universitas di Irlandia. Setelah mendapatkan surat pernyataan bahwa mahasiswa diterima di universitas tujuan, maka mahasiswa sudah bisa mendaftar visa pelajar untuk kuliah di Irlandia.

 

PERSIAPAN KULIAH DI IRLANDIA

Beberapa hal yang harus Sahabat ER ketahui dan siapkan sebelum kuliah di Irlandia adalah:

  • Mencari informasi mengenai universitas pilihan
  • Mencari informasi mengenai program studi yang akan dipilih
  • Memulai proses pendaftaran setidaknya satu tahun akademik sebelum tanggal perkuliahan mulai diadakan

 

Kemampuan Bahasa Inggris

Memilih untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri pastinya harus menguasai bahasa setempat yaitu Bahasa Inggris. Maka dari itu, Sahabat ER harus memiliki score TOEIC ataupun TOEFL. Standar nilai ini yang akan menjadi tolak ukur kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa untuk bisa kuliah di Irlandia.

Sahabat harus memiliki skor minimal 220 untuk TOEFL berbasis komputer, dan 550 untuk TOEFL berbasis kertas. Untuk skor IELTS sendiri, dibutuhkan skor minimal 6.5 dengan tidak ada bagian di dalam tes yang mendapatkan skor di bawah 6.0.

 

Memiliki Portfolio Prestasi

Selain itu, Sahabat ER juga harus memiliki kualifikasi yang baik. Hal itu bisa didapatkan melalui prestasi yang dimiliki. Seperti sertifikat internship atau kursus, atau jika mahasiswa memilih kuliah di program studi fashion design maka sebaiknya membuat portfolio dengan mengumpulkan hasil desain – desain yang pernah dibuat. Hal tersebut akan sangat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan untuk lolos seleksi ke universitas.

 

Persiapkan Personal Statement

Meski tidak semua universitas di Irlandia memerlukan personal statement berupa essay sebagai gambaran diri dari mahasiswa yang bersangkutan, namun hal ini bisa menjadi poin plus bagi mahasiswa ketika mendaftar kuliah.

Maka dari itu, essay ini harus dibuat semenarik mungkin agar pihak kampus dapat melihat sisi positif dari mahasiswa tersebut dan layak untuk diterima sebagai mahasiswa di universitas mereka.

 

BACA JUGA: INFO LENGKAP DUBLIN CITY UNIVERSITY, IRLANDIA

 

PROSES PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

Ada tiga (3) cara yang bisa ditempuh untuk bisa kuliah di Irlandia:

  • Melalui jalur pendaftaran manual
  • Melalui test yang diselenggarakan oleh kampus yang bersangkutan atau melalui Education Republic
  • Melalui jalur beasiswa

Jika Sahabat ER memilih untuk menggunakan jalur yang pertama, maka Sahabat harus memiliki referensi selama di sekolah dan score dengan grade yang baik.

Sedangkan dengan cara yang kedua, Sahabat tidak perlu repot dalam mengurus persyaratan yang harus dipenuhi, karena dari pihak Education Republic akan membantu segala keperluan dan persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar. Tak hanya itu, Education Republic akan membimbing persiapan mahasiswa untuk bisa lolos kualifikasi, termasuk memberikan informasi daftar pilihan kampus terbaik di Irlandia.

Cara yang ketiga melalui jalur beasiswa. Pendaftaran melalui jalur beasiswa biasanya menggunakan rekomendasi mahasiswa terbaik dari seleksi mahasiswa – mahasiswa yang berkompeten. Untuk bisa mendapatkan jalur ini, kebanyakan mahasiswa mengikuti test dan seleksi yang diadakan oleh suatu badan tertentu atau organisasi yang ditujukan untuk bisa belajar di universitas Irlandia.

 

BIAYA KULIAH DI IRLANDIA

Di Irlandia masa perkuliahan untuk S1 membutuhkan waktu selama 3 tahun. Perkiraan biaya kuliah di Irlandia akan berbeda-beda sesuai dengan program studi yang diambil, namun secara umum biaya kuliah di Irlandia adalah sebagai berikut:

  • Sarjana S1: Sekitar 150 – 300 juta Rupiah
  • Sarjana S2: Sekitar 150 – 600 juta Rupiah

 

BACA JUGA: INFO BEASISWA DI INSTITUTE OF TECHNOLOGY SLIGO, IRLANDIA

 

BIAYA HIDUP DI IRLANDIA

Perkiraan biaya hidup seorang mahasiswa di Irlandia sekitar €7.000 – €12.000 per tahun. Ini sudah termasuk biaya sewa akomodasi, listrik, makanan, buku, binatu, obat-obatan, dan transportasi. Tentu saja biaya tersebut bervariasi tergantung lokasi studi, akomodasi dan gaya hidup mahasiswa.

Mahasiswa di Irlandia memiliki kesempatan untuk kerja sampingan yang bisa dilakukan selama kuliah. Secara garis besar, untuk mahasiswa internasional, mahasiswa bisa bekerja part-time hingga 20 jam per minggu. Jika sedang dalam masa liburan, bisa ambil kerja full-time hingga 40 jam per minggunya.

 

Tertarik untuk kuliah di Irlandia? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses pendaftaran secara GRATIS!

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: