BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

Coffee Talk – Taylor’s University

Taylor's University is coming to Denpasar! Bekerja sama bersama Education Republic, Taylor's University Malaysia mengundang mahasiswa Denpasar untuk hadir di acara Coffee Talk untuk mendapatkan informasi lengkap studi di Malaysia. […]

Find out more »

ASIA APPLICATION WEEK!

Tertarik untuk mendaftar ke salah satu Universitas luar negeri di Asia?  Education Republic menghadiri puluhan universitas Asia setiap minggu, live di Zoom! kesempatan buat kamu untuk 1-1 consultation bersama representatives […]

Find out more »

Career in Digital Marketing!

    Career as A Digital Marketer Skills Digital Marketing kini sudah terbukti menjadi skill yang sangat dibutuhkan oleh setiap Perusahaan seiiring dengan perkembangan teknologi dunia. Masyarakat kini juga mencari […]

Find out more »
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

20 JENIS PEKERJAAN BARU DI MASA KINI

Posted on 26 April 2021

Kemajuan teknologi selalu membawa perubahan signifikan dalam kehidupan manusia. Perkembangan pesat dunia teknologi dalam 20 tahun terakhir banyak melahirkan bidang-bidang pekerjaan baru yang belum ada 20 tahun yang lalu. Disiplin ilmu Robotik, Artificial Intelligence, Bioteknologi, dan Self-drive Vehicle muncul sebagai pilihan program studi di berbagai University. Program studi baru tersebut muncul karena adanya tuntutan kebutuhan tenaga profesional dari dunia kerja yang dinamis.

Ingin mencari tahu Pilihan Karir Baru apa yang tersedia untuk Anda di masa depan? Education Republic merangkum 20 jenis pekerjaan yang tidak ada 20 tahun yang lalu:

 

1. ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) ENGINEER

AI Engineer bertugas membangun, menguji, dan menggunakan machine-learning algorithm untuk membuat facial recognition system di iPhone dan Alexa atau layanan suara berbasis cloud Amazon, teknologi yang akrab kita gunakan sehari-hari. Dibutuhkan dasar yang kuat dalam programming, software engineering, dan data science untuk dapat menjadi seorang AI Engineer.


2. SELF-DRIVING CAR ENGINEER

Artificial Intelligence (AI) hanyalah salah satu ilmu yang harus dikuasai jika ingin berkarir sebagai Self-Driving Car Engineer. Pekerjaan ini menuntut keterampilan dalam menggabungkan software expertise dengan disiplin ilmu matematika, fisika, robotik, dan data science. Karir di bidang ini sangat High Demand, namun sejauh ini masih belum banyak tenaga kerja terampil di bidang ini.

 


3. DATA SCIENTIST

Saat ini banyak perusahaan dan organisasi yang membutuhkan Data Scientist. Karena data memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan. Seorang Data Scientist dibutuhkan untuk mengolah data menjadi sebuah output yang bisa dijadikan acuan dalam mengambil keputusan bisnis.

 

4. CLOUD ARCHITECT

Cloud Architect adalah spesialis IT yang mengembangkan strategi komputasi perusahaan. Strategi ini menggabungkan rencana adopsi cloud, desain aplikasi cloud, serta manajemen dan pemantauan cloud. Tanggung jawab tambahan mencakup dukungan untuk arsitektur aplikasi dan penyebaran di lingkungan cloud.

 

BACA JUGA : ASRAMA GRATIS KULIAH DI DUNDALK INSTITUTE OF TECHNOLOGY

 

5. AUTOMATION ENGINEER

Automation Engineer bekerja sama dengan tim untuk mengidentifikasi dan menghilangkan masalah dalam perangkat lunak, layanan, atau proses bisnis. Automation Engineer bertugas sebagai Quality Assurance (QA) untuk menganalisa dan mengambil tindakan yang tepat untuk menerapkan proses otomatisasi dan meningkatkan efisiensi.

 

6. USER EXPERIENCE (UX) DESIGNER

Seorang User Experience (UX) Designer bertugas untuk meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi maupun pengunjung web. Mereka meningkatkan dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna aplikasi atau web. Keahlian sebagai UX Designer terdaftar sebagai salah satu keterampilan terbaik untuk dipelajari pada tahun 2020 oleh Linkedin.

 

 

7. MOBILE APP DEVELOPER

Mobile App Developer menggabungkan kreativitas dan keterampilan computer programming untuk membuat dan mengembangkan aplikasi perangkat mobile. Menurut statistik, saat ini penggunaan mobile app di smartphone sangat penting dan cukup tinggi dalam aktivitas sehari-hari. Dengan angka download dan alokasi waktu yang semakin sering, mengindikasikan semakin tergantungnya masyarakat dengan mobile app sehingga lapangan pekerjaan sebagai Mobile App Developer terbuka lebar.

 

8. DEVELOPER EVANGELIST

Developer Evangelists adalah jembatan antara pengembang dan klien untuk menciptakan sebuah produk teknologi. Mereka menggabungkan keahlian teknologi dengan keterampilan komunikasi dan marketing untuk menemukan dan mengembangkan sebuah produk teknologi untuk tujuan tertentu, juga untuk membangun jaringan pembeli dan investor untuk produk baru tersebut.

 

BACA JUGA : BIAYA KULIAH DI MDIS SINGAPORE?


9. SOCIAL MEDIA MANAGER

Hadirnya Facebook di tahun 2004, disusul Twitter, Instagram dan masih banyak lagi, membuat perusahaan dan organisasi kini aktif di media sosial. Para Social Media Manager ini membuat konten, mengarahkan kampanye media sosial, dan membuat template jawaban atas komentar konsumen untuk membangun public image perusahaan, mendorong penjualan produk, dan menambah jumlah followers.

 

10. DIGITAL STRATEGIST

Digital Strategist bertanggung jawab untuk menggunakan berbagai kanal digital seperti situs web perusahaan, email, iklan online, media sosial dan blog perusahaan untuk membangun awareness di masyarakat akan brand mereka, yang pada akhirnya membeli produk atau layanan mereka.

 

 

11. SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) ANALYST

Pengoptimalan Search Engine Optimization (SEO) adalah hal yang sangat penting dalam cara perusahaan memposisikan diri mereka secara online. SEO Analyst adalah pekerjaan yang memastikan bahwa situs web dan kontennya mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan penelitian, pemikiran analitis, pengetahuan tentang HTML dan CSS.

 

12. COMMUNITY MANAGER

Saat ini ada banyak pilihan yang bisa digunakan perusahaan untuk mempromosikan diri ke masyarakat dan komunitas, hal tersebut membutuhkan peran Community Manager. Baik itu untuk mengembangkan kampanye media sosial atau merencanakan acara promosi, para Community Manager ini dituntut untuk memiliki keterampilan manajemen proyek dan keahlian komunikasi untuk memastikan memberikan pengalaman terbaik bagi komunitas.

 

BACA JUGA : CARA DAFTAR KULIAH DI AUSTRALIA

 

13. HEAD OF CULTURE

Head of Culture bertugas untuk memastikan proses perekrutan SDM hingga employee development. Bertugas untuk memastikan value-value dari perusahaan dan value setiap individu agar dapat sinkron dengan goal perusahaan.

 

14. PODCAST PRODUCER

Podcast Producer bertugas mengajukan ide podcast, topik apa yang akan dibahas, mencari bintang tamu atau narasumber yang tepat, dan mengedit audio untuk membuat narasi dan wawancara menjadi sebuah konten yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

 

 

15. DRONE OPERATOR

Semakin banyak pihak yang membutuhkan foto atau rekaman video dari udara untuk keperluan pribadi maupun komersil. Drone Operator adalah profesi yang membutuhkan disiplin, studi, dan lisensi FAA. Diperkirakan permintaan untuk Drone Operator profesional akan terus meningkat dalam lima tahun ke depan.

 

16. MOTION GRAPHIC DESIGNERS

Cabang baru di dunia desain, Motion Graphic Designer mengkombinasikan benda-benda bergerak, baik itu efek visual, animasi, atau teknik sinematik lainnya. Seiring kemajuan teknologi, banyaknya sineas muda, dan awareness akan visual identity semakin tinggi, permintaan untuk tenaga Motion Graphic Designer profesional ini akan terus meningkat.

 

BACA JUGA : BEASISWA DI WESTERN SYDNEY UNIVERSITY

 

17. TELEMEDICINE PHYSICIAN OR PSYCHOLOGIST

Bidang yang semakin relevan saat ini, Telemedicine adalah penggunaan telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak jauh. Membutuhkan keterampilan komunikasi di samping pelatihan dasar dalam kesehatan, aplikasi Telemedicine saat ini menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi dari fasilitas-fasilitas kesehatan dengan menggunakan video conference.

 

18. GENETIC COUNCELOR

Semakin banyak tenaga kesehatan yang fokus untuk merawat individu dengan pengobatan berdasarkan informasi riwayat genetik mereka. Genetic Councelor membantu mengidentifikasi kondisi genetik pasien yang berisiko penyakit dan mereka dilatih untuk menyajikan informasi kompleks tentang risiko, pengujian, dan diagnosis kepada pasien mereka.

 

 

19. SUSTAINABILITY MANAGER

Sustainability Manager bertanggung jawab untuk merumuskan dan menerapkan kebijakan yang ramah lingkungan dan mempromosikan penggunaan sumber daya yang sustainable sesuai kebutuhan dan peraturan perusahaan.

20. FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) ANALYST

Gabungan disiplin ilmu teknologi dan keuangan, FinTech muncul dalam bentuk software dan aplikasi yang digunakan oleh perusahaan jasa keuangan untuk mengelola bisnis mereka. Fintech Analyst menggunakan model bisnis untuk meramalkan bagaimana investasi dalam teknologi baru akan berdampak pada pendapatan perusahaan.

 

Bagaimana, menarik bukan? Jika kalian ingin tahu bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan kemampuan kalian, kami di Education Republic memiliki Psychometric Test untuk mengetahui potensi-potensi terbaik kalian.
Silakan hubungi Education Republic untuk informasi lebih lanjut!

 

Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Tagged: