BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore

6 Month Study + 6 Month Internship in Singapore   Para pejuang kuliah di Singapore, sini merapat!   Ikutan yuk Info Session STUDY & INTERNSHIP IN SINGAPORE bareng AAC Singapore […]

Find out more

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English

Transform Your Future with BSBI Germany: Quality German Education taught in English   Interested to Study in Germany with English? Join Berlin School of Business & Innovation (BSBI) Germany's information […]

Find out more

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024

Education in Ireland ASEAN: Pre-Departure Briefeing 2024   Calling out to students travelling to Ireland this Summer for the 2024/2025 academic year!   Join us for the Education in Ireland […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

Sumpah Pemuda, Memaknai Peranan Generasi Muda Kini

Posted on 28 Oktober 2022

Sumpah Pemuda Memaknai Peranan Generasi Muda Kini

Sumpah Pemuda, Memaknai Peranan Generasi Muda Kini

Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk Muda-Mudi Indonesia!!!

“Beri aku 1,000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Itu adalah kutipan pidato dari Bung Karno yang sangat terkenal. Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober. Hari bersejarah ini bermula pada 28 Oktober tahun 1928 yang mencetuskan sumpah semangat untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah gerakan kemerdekaan yang dilakukan oleh pemuda Indonesia dengan mendeklarasikan janji satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Hingga saat ini, ikrar dalam Sumpah Pemuda akan terus membangkitkan semangat kemerdekaan pada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda.

Lebih jelasnya artikel ini akan membahas Sumpah Pemuda, Memaknai Peranan Generasi Muda Masa Kini.

 

 

BACA JUGA: Sejarah Pendidikan di Indonesia

 

 

Sejarah Sumpah Pemuda

Sejarah Sumpah Pemuda - Education Republic

28 Oktober 1928, berlangsung Kongres Pemuda dan menjadi lahirnya Sumpah Pemuda. Bermula dari pada pemuda Indonesia yang mulai bergerak dan membentuk berbagai organisasi seperti Perhimpunan Indonesia hingga Tri Koro Darmo.

Pada masa itu, pemuda-pemudi menyadari tujuan bersama yaitu mencapai kemerdekaan Indonesia dan mengurangi perpecahan akibat perbedaan suku dan agama. Dengan banyaknya organisasi kepemudaan terbentuk dan kaum intelektual kemudian berinisiatif dan bercita-cita untuk menyatukan seluruh organisasi kepemudaan di Indonesia. Maka terjadilah pertemuan untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Pertemuan pertama hingga ketiga terjadi pada tahun 1926-1928. Dan pada pertemuan ketiga pada tanggal 12 Agustus 1928, hasilnya adalah keputusan untuk mengadakan kongres pada bulan Oktober.

Atas inisiatif PPPI, kongres diadakan di tiga gedung berbeda dan dibagi menjadi tiga pertemuan untuk menghasilkan Sumpah Pemuda. 

  • Pertemuan Pertama di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Lapangan Benteng pada tanggal 27 Oktober 1928
  • Pertemuan Kedua pada 28 Oktober 1928 di Gedung Bioscoop Oost-Java
  • Pertemuan Ketiga pada 28 Oktober 1928 di Indonesische Gedung Clubhuis Kramat

Pada pertemuan ketiga inilah pentingnya nasionalisme dan demokrasi diproklamirkan. Kongres kemudian ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres yang kita kenal dengan Sumpah Setia.

 

Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda - Education Republic

Pertama: “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.”

Kedua: “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.”

Ketiga: “Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

 

Dengan mengikrarkan Sumpah Pemuda menjadi titik awal perjuangan pemuda untuk kemerdekaan Indonesia. 

 

Peranan Generasi Muda Masa Kini

Sumpah Pemuda Memaknai Peranan Generasi Muda Kini

Pemuda adalah cerminan kemajuan suatu bangsa. Sumpah Pemuda menjadi tonggak utama dalam sejarah pergerakan pemuda seluruh Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Pada berbagai sejarah peradaban bangsa, pemuda adalah aset mahal yang berharga. Karenanya generasi muda menjadi komponen penting dalam pembangunan dan kemajuan bangsa. Dengan fisik yang kuat, pengetahuan luas, kreativitas dan inovasi yang terus berkembang, sebuah negara tidak akan sulit mengalami kemajuan.

  • Agen Perubahan: Perubahan-perubahan dalam lingkungan masyarakat memerlukan dukungan dari generasi muda. Keberhasilan generasi muda terlihat dari perubahan dan kemampuan untuk menaklukan tantangan.
  • Agen Pembangunan: Generasi muda memiliki peranan penting untuk melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai macam bidang, baik pembangunan secara nasional maupun daerah. 
  • Agen Pembaharuan: Generasi muda harus memiliki kemampuan menganalisis perubahan zaman sehingga mereka dapat memilih mana yang perlu berubah atau kamu pertahankan.

Hingga kini Sumpah Pemuda masih terus dihayati oleh generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, mari kita renungkan, hormati dan syukuri perjuangan para pemuda dengan terus menjaga keutuhan bangsa.

 

 

BACA JUGA: Beasiswa Deakin College Jakarta 2022/2023

 

 

Tertarik untuk mendapatkan beasiswa pendidikan ke luar negeri atau ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu? Silahkan hubungi Team Republic untuk konsultasi gratis dan pengurusan kuliah.

Batam Office         :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)

Bali Office             :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)

Medan office         :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)

Pekanbaru office     :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)

Singapore Office     :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: