BERITA ACARA & NEWS
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES
EVENT LISTING

STUDY ABROAD EXPO 2024

STUDY ABROAD EXPO 2024!!!   Hadir Kembali di 4 Kota (BALI-BATAM-MEDAN-PEKANBARU)   Siapkan rencana studimu & konsultasi On-Spot bareng Universitas TOP DUNIA Pilihan hingga 15 NEGARA, PULUHAN KAMPUS terbaik, RIBUAN […]

Find out more

IELTS Workshop: Solid Techniques For Crushing IELTS

IELTS Workshop: Solid Techniques For Crushing IELTS   Khusus Warga Pekanbaru & sekitarnya! Masih galau kira-kira berapa sih score IELTS kamu? Daripada kamu pusing dan nebak-nebak sendiri hasil IELTS kamu, […]

Find out more

Exploring Study Opportunities in Ireland with University College Cork

Exploring Study Opportunities in Ireland with University College Cork   UCC, salah satu kampus terbaik dan tertua Irlandia yang masuk Top 300 Kampus Terbaik Dunia di 2024 ini, siap mengajak […]

Find out more
SEARCH
COUNTRY CATEGORIES

HOW TO STUDY EFFECTIVELY

Posted on 11 Februari 2022

 

HOW TO STUDY EFFECTIVELY

Setiap mahasiswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda, jadi tidak ada metode yang cocok untuk semua orang. Mungkin Sahabat ER bisa mencoba beberapa teknik belajar di bawah ini untuk melihat mana yang paling cocok untuk kamu:

 

BACA JUGA: 4 GOOD STUDY HABITS FOR COLLEGE STUDENTS

 

  • Understand Your Learning Style

Penting untuk mengetahui gaya belajar kamu karena itu mempengaruhi cara kamu memproses informasi dan menyelesaikan masalah. Ketika kamu sudah memahami gaya belajarmu, kamu akan tahu metode belajar mana yang paling cocok — dan cara belajar mana yang tidak efektif. Ada tiga jenis gaya belajar yang berbeda:

Visual learning—untuk gaya belajar ini, konsep visual seperti gambar, grafik, dan mind map dapat digunakan untuk memproses informasi.

Auditory learning—gaya belajar ini menggunakan suara dan musik untuk belajar. Auditory learning dapat membaca catatan kuliah dengan keras, mendengarkan rekaman sesi kelas, atau berpartisipasi dalam diskusi.

Kinesthetic learning—pelajar lebih menyukai teknik pembelajaran langsung, seperti melakukan eksperimen dan mengerjakan proyek.

Tergantung pada mata pelajaran yang diambil, kamu mungkin lebih suka belajar dengan satu gaya belajar atau bahkan kombinasi dari beberapa gaya belajar. Penelitian menunjukkan bahwa mengidentifikasi gaya belajar yang tepat dapat membantu kamu belajar lebih produktif dalam waktu yang lebih singkat.

 

  • Keep Up with Your Class Work

Dengan menyelesaikan tugas dan kuis secara teratur, kamu dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahanmu dalam mata pelajaran tersebut. Ini dapat membantu kamu mengatasi kebingungan tentang mata pelajaran. Jika kamu merasa sulit untuk mempelajari topik tertentu, bicarakan dengan pengajar atau cari tutor di kampus — mereka selalu ada untuk membantu.

Selain itu, kamu dapat membentuk kelompok belajar dengan mahasiswa lain dari kelasmu dan mengerjakan tugas bersama. Baik itu belajar di perpustakaan atau kedai kopi lokal, kamu dapat menjadikan belajar sebagai bagian dari kehidupan kampus yang seru, sehingga tidak terasa seperti beban.

 

  • Prepare a Study Plan

Tetap terorganisir dan mengetahui cara mengatur waktu untuk belajar dapat membantu mencapai hasil yang kamu inginkan. Tetapi sebagai mahasiswa internasional, kamu mungkin memiliki komitmen lain di kampus, seperti menjadi sukarelawan untuk organisasi sosial, berpartisipasi dalam kegiatan klub, atau bahkan bekerja part-time. Di sinilah study plan menjadi penting. Dengan study plan, kamu dapat memulai lebih awal dan menggunakan waktu yang tersedia dengan efektif.

Misalnya, kamu dapat memutuskan mata pelajaran mana yang akan diprioritaskan dan merencanakan berapa banyak waktu yang ingin kamu habiskan untuk setiap mata pelajaran. Saat membuat rencana belajar, ingatlah untuk menjadwalkan juga istirahat pendek. Salah satu cara untuk mengingat jadwal dengan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi kalender untuk mengatur reminder kapan sesi belajar dimulai dan berakhir.

 

  •  Study Smart

Berikut adalah beberapa teknik yang efektif untuk mengatur pembelajaran untuk memastikan kamu memanfaatkan waktu sebaik mungkin:

Make a study guide: Dalam panduan itu, buatlah daftar dan garis besar konsep, fakta, dan persamaan yang dapat dibahas dalam tes.

Use flash cards: Flash cards dapat membantu mengingat fakta atau konsep. Jika kamu lebih suka aplikasi, Chegg Prep, Cram, dan Quizlet dapat membantu kamu belajar atau dapat menggunakan kartu indeks 3×5.

Do practice problems: Ini sering ditemukan di buku teks, materi kursus, dan kelas online. Soal latihan dapat membantu kamu menjadi lebih paham dengan jenis-jenis soal yang disertakan dalam tugas atau ujian.

 

BACA JUGA: IMPROVE YOUR ENGLISH TO STUDY ABROAD

 

Tertarik untuk kuliah di luar negeri? Serahkan semua ke Education Republic, kami akan membantu proses mendaftar secara GRATIS! Hubungi kami di hotline di bawah ini:

Telegram ER               :  t.me/edurepublic
Batam Office               :  0778 480 5756 | 0821 3333 6363 (chat Batam Office now)
Bali Office                    :  0819 4675 8555 (chat Bali office now)
Medan office               :  (061) 805 13999 | 0811 6399 985 (chat Medan Office now)
Pekanbaru office        :  0852 3600 6363 (Chat Pekanbaru office now)
Singapore Office        :  (65) 9830 3227 (chat Singapore Office now)

Hubungi Kami

Dapatkan pengurusan dan konsultasi studi luar negeri GRATIS oleh Education Republic sekarang juga!
Click to chat our offices below:

Tagged: